Astra Mataram Dukung Desa Wisata Dasan Cermen

Astra Mataram Dukung Desa Wisata Dasan Cermen
PRASASTI: Wakil Walikota Mataram, H Mohan Roliskana, bersama Korwil Grup Astra Mataram, Thomy Arga Budi Pratomo, dan Lurah Dasan Cermen, Heny, serta Sekcam Sandubaya, saat penandatanganan prasasti Kampung Berseri Astra Kelurahan Dasan Cermen, Minggu (13/8). (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Grup Astra Mataram kembali menunjukkan kededulian dan perhatian sosial terhadap masyarakat kurang mampu. Sebagai wujud tanggungjawab sosial, Grup Astra Mataram secara konsisten mendukung keberlanjutan program Kampung Berseri Astra (KBA) di Kelurahan Dasan Cermen, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram.

Diantaranya, Grup Astra Mataram, Minggu kemarin (13/8) kembali meresmikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Edelwys, dan penyerahan beasiswa bagi pelajar kurang mampu, yang juga dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana.

Selain konsen membantu bidang pendidikan, Grup Astra Mataram juga menginisiasi pengembangan Desa Wisata di Kelurahan Dasan Cermen, yang dinilai memiliki potensi luar biasa yang diintegrasikan dengan obyek wisata memancing dan juga peternakan unggas dan sapi.

Program Kampung Berseri Astra (KBA) yang dilaksanakan Grup Astra Mataram mendapat apresiasi dari Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana. Terlebih lagi program pendampingan dan pengembangan masyarakat di Kelurahan Dasan Cermen dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan.

“Kami di pemerintah Kota Mataram dan masyarakat Mataram berterimakasih kepada Grup Astra Mataram yang ikut membangun masyarakat di berbagai penguatan sosial,” kata Mohan di sela peresmian PAUD Edelwys dan penyerahan beasiswa bagi pelajar kurang mampu di Kantor Lurah Dasan Cermen.

Hadir juga Koordinator Wilayah (Korwil) Grup Astra Mataram, Thomy Arga Budhi Pratomo, Adm Finance Sub Dept Head Astra Motor Region NTB yang juga pengurus Grup Astra Mataram,  I Nyoman Sukadana, Lurah Dasan Cermen, Henny dan puluhan warga masyarakat Kelurahan Dasan Cermen.

Mohan mengatakan, penunjukan Kelurahan Dasan Cermen sebagai pilot project program Kampung Berseri Astra, hendaknya disambut dengan baik oleh masyarakat. Tak kalah pentingnya lagi adalah masyarakat mensyukuri perhatian yang begitu besar dari Grup Astra Mataram dalam membangun berbagai bidang, mulai dari sektor pendidikan, ekonomi dan juga sosial lainnya. 

“Keharian Grup Astra Mataram telah memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat. Saya harap perusahaan lainnya bisa mengikuti program dari Grup Astra Mataram dalam menyalurkan dana sosialnya yakni CSR,” harap Mohan.

Sementara Koordinator Wilayah (Korwil) Grup Astra Mataram, Thomy Arga Budhi Pratomo mengatakan, program Kampung Berseri Astra (KBA) di Kelurahan Dasan Cermen dimulai pada tahun 2016. Berbagai program kegiatan dalam mendukung kemajuan masyarakat sudah dilakanakan.

Diantaranya memberikan pelatihan dan pendampingan bagi masyarakat dalam bentuk keterampilan membuat berbagai macam aneka kue dan makanan ringan lainnya. “Program CSR KBA ini dimulai tahun 2016 di Kelurahan Dasan Cermen dengan melibatkan 8 perusahaan Grup Astra di Mataram,” kata Thomy.

Selain peresmian renovasi PAUD Edelwys, Grup Astra Mataram melalui program CSR juga memberikan beasiswa kepada 35 siswa mulai dari jenjang SD hingga SMA. Jumlah siswa SD yang mendapatkan beasiswa tersebut sebanyak 16 orang masing-masing menerima uang Rp48 ribu/semester, SMP/MTs sebanyak 15 orang siswa dengan menerima uang Rp630 ribu/semester dan untuk SMA sebanyak 4 orang dengan nilai uang Rp750 ribu/semester.

Siswa yang menerima beasiswa tersebut, betul-betul dari kalangan keluarga kurang mampu, namun berprestasi bidang akademik dan non akademik, serta belum pernah mendapatkan bantuan dari pihak manapun. Menariknya lagi, pemberian beasiswa bagi siswa kurang mampu dari Grup Astra Mataram berlangsung hingga penerima lulus di jenjang SMA. Jika saat ini penerima duduk di bangku kelas IV SD, maka beasiswa akan terus diterima sampai melanjutkan ke pendidikan SMA hingga lulus. “Beasiswa kita berikan sampai lulus SMA. Baik itu yang saat ini penerima dari siswa SD dan juga SMP,” jelas Thomy.

Selain konsen dalam bidang pendidikan dan kesehatan seperti membangun tempat ibadah bagi warga setempat yakni Musholla dan bantuan untuk Posyandu, Grup Astra Mataram juga mendukung pengembangan Desa Wisata Kelurahan Dasan Cermen. Seperti potensi pengembangan wisata pemancingan di sungai yang cukup besar di sulap dan dikemas lebih menarik.

Selain itu juga potensi desa wisata dalam pengembangan peternakan, baik itu unggas dan sapi. Terlebih lagi, kesadaran dan kekompakan masyarakat setempat sangat luar biasa yang dikomandoi lurah dan juga kepala lingkungan serta organisasi kepemudaan di Kelurahan Dasan Cermen. “Kami akan terus support pengembangan Desa Wisata Dasan Cermen dan rutin melaksanakan lomba memancing menjadi ikon wisatanya,” ujar Thomy. (luk/adv)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid