Dikpora NTB Ingatkan PPDB Jalur Prestasi Harus Terbuka

MATARAM – Kebijakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram yang menerapkan kebijakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2016/2017 melalui jalur prestasi untuk jenjang SMP dan SMA/SMK ditanggapi positif oleh Kepala Dinas Dikpora Provinsi NTB, Dr. H. Rosiadi Sayuti.

Hanya saja yang perlu untuk diperhatikan, Rosiadi mengingatkan agar Dinas Dikpora Kota Mataram agar dalam penerimaan siswa baru agar menginstruksikan sekolah yang menerima peserta didik baru harus terbuka.

“Untuk sekolah yang membuka jalur prestasi harus terbuka dan hasil tes diumumkan secara terbuka,” kata Rosiadi Sayuti di Mataram, Sabtu (28/5).

Menurut Rosiadi, penerimaan siswa baru untuk semua jenjang pendidikan lebih khusus lagi di jenjang SMA/SMK harus dilakukan dengan cara yang betul-betul mengedepankan keterbukaan, mulai dari proses pendaftaran, hingga proses penilaian yang harus dilalui oleh pendaftar. kriteria dan indicator apa saja yang menjadi penentu dalam penilaian untuk menerim peserta didik baru melalui jalur prestasi ini harus disampaikan secara terbuka oleh sekolah dan pihak terkait lainnya.

Sehingga calon siswa dan orang tua bisa mengetahui secara terbuka pula anak mereka  tidak memenuhi dari sisi apa saja. Begitu juga nama siswa yang lulus di sekolah tertentu yang yang menerima siswa baru melalui jalur prestasi itu diumumkan secara terbuka siapa saja mereka. Sehingga keterbukaan informasi dalam PPDB tahun 2016 ini berjalan baik dan lancar sesuai harapan.

“Pengumuman siswa yang diterima itu jangan pakai amplop. Sehingga semua pihak bisa mengetahui siapa saja yang lulus dan dan anak –anak puas, tidak ada yang merasa di curangi,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Panitia PPDB Dinas Dikpora Kota Mataram, H. Zaenal Arifin memastikan pelaksanaan PPDB untuk jalur masuk prestasi secara terbuka dan transparan.

“Pasti penerimaan siswa baru jalur prestasi dilakukan secara terbuka,” ucap Kepala Bidang Dikdas Dinas Dikpora Kota Mataram ini.

Hanya saja untuk teknis pengumuman apakah menggunakan amplop atau di pasang di informasi dinding di setiap sekolah, diakui Zainal belum membahas secara detail dengan kepala sekolah yang sekolahnya menerima siswa peserta didik jalur prestasi. Namun demikian, pihaknya akan membahas hal tersebut bersama kepala sekolah terkait agar PPDB melalui jalur prestasi berjalan dengan sebaik baiknya dan terbuka. Sehinngga tidak ada yang merasa dirugikan dan betul-betul sesuai harapan dan aturan yang telah dibuat bersama.

“Insya Allah PPDB jalur prestasi dilakukan secara terbuka, “ pungkasnya. (luk) 

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid