Delapan Nakes Positif Corona, Tiga Puskesmas Ditutup

DITUTUP: Tiga Puskesmas di Kota Mataram ditutup setelah ada tenaga kesehatannya yang terpapar virus corona. (ALI/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Tiga Puskesmas di Kota Mataram terpaksa ditutup total dari pelayanan, yang ditandai dengan dipasangnya spanduk imbauan sementara tidak melayani pasien, akibat ada tenaga kesehatannya yang terpapar virus corona. Ke tiga Puskesmas dimaksud, yaitu Puskesmas Babakan, Puskesmas Cakranegara dan Puskesmas Tanjung Karang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, H Usman Hadi membenarkan bahwa kebijakan penutupan sementara pelayanan di tiga Puskesmas itu karena ada Nakes yang positif Covid-19. “Ada delapan Nakes yang terpapar di tiga Puskesmas,” katanya kepada Radar Lombok, Rabu (30/6).

Pihaknya juga mengaku telah melakukan tracing dan testing kepada semua staf ( kontak erat) dengan swab antigen, dan selanjutnya dilakukan penyemprotan desinfektan. Kebijakan penutupan sementara ini menuggu selesainya desinfektan, selama dua hari.

BACA JUGA :  Pelaku Curanmor di Bawah Umur Ditangkap

Untuk sementara ke delapan Nakes yang terpapar corona juga sedang menjalankan isolasi mandiri. Sementara para Nakes lainnya terus diimbau untuk tetap taat protrokol kesehatan (Prokes), karena saat ini angka pasien positif masih terus bertambah.

“Jangan sampai kendor. Penerapan Prokes harus tetap disiplin. Karena ini salah satu cara ampuh untuk menekan laju peyebaran Covid-19,” tegasnya.

Ditanaykan apakah virus corona jenis baru seperti Delta sudah masuk ke NTB? Pihaknya belum dapat memastikan. “Ada satu pasien dirawat di RSHK, dan masih dikirimkan sample ke Jakarta untuk memastikan apakan ada varian baru Delta atau tidak. Kita berdoa, semoga bukan varian Delta,” ucap Usman.

BACA JUGA :  Mataram Raih Adipura, Sampah Jadi Tantangan

Terpisah, Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Kota Mataram, dr Emirlad Isfihan mengatakan, untuk kesiapsiagan kalangan Nakes memang harus tetap patuh pada Prokes. “Kita harapkan dengan percepatan vaksin bisa menangkal penyebaran Covid-19. Pihak RSUD Kota Mataram terus gencar membantu pemerintah melakukan pencegahan. Demikian pelaksanaan vaksinasi di RSUD Kota Mataram juga terus ramai dikunjungi masyarakat,” katanya.

Dikatakan, pihak RSUD Kota Mataram saat ini masih terus memberikan pelayananan vaksinasi gratis kepada masyarakat Kota Mataram. “Dengan membawa KTP dan usia diatas 18 tahun, bisa mendapatkan vaksin gratis di RSUD Kota Mataram,” singkatnya. (dir)