Dana Lingkungan 50 Juta Segera Terealisasi

Sampah : Sampah masih menjadi perhatian sehingga Pemkot mengalokasikan dana 50 juta untuk lingkungan yang tujuannya untuk penanganan sampah dimasing-masing lingkungan (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM-Dana Lingkungan senilai Rp 50 juta perkepala Lingkungan di Kota Mataram akan segera menerima realisasi dari program dana lingkungan yang sudah dijanjikan Wali Kota Mataram sejak tahun 2015 lalu.

Tetapi para Kepala Lingkungan (Kaling) tidak akan menerima dana mentah 50 juta.melainkan para Kaling akan menerima program  dari kecamatan yang nilainya mencapai 50 juta.

Saat ini anggaran untuk dana lingkungan sudah masuk dalam Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) masing-masing kecamatan. Camat Sekarbela Kota Mataram dalam pengalokasian dana lingkungan membawahi sekitar 35 lingkungan dari Lima Kelurahan di Kecamatan Sekarbela.

Oleh kecamatan program untuk dana lingkungan disemua lingkungan sudah diseragamkan bentuknya. Dimana untuk tahun 2017 ini program awalnya berupa pemberlian kendaraan roda tiga untuk pengangkutan sampah dari lingkungan menuju ke depo pembuangan sampah.

" Programnya sudah diseragamkan untuk pembelian kendaraan roda tiga penyakit sampah" ujar Hariadi Camat Sekarbela .(13/1) kemarin.

Saat ini pihaknya sedang mempersiapkan untuk pelelangan pengadaan kendaraan roda tiga tersebut di Bagian APP Pemkot Mataram.

Karena pembelian dalam jumlah banyak sekitar 35 unit kendaraan roda tiga  tentunya harus melalui tender."Pengadaan nya nanti kita lelang untuk 35 lingkungan," tambah nya.

Selain untuk pembelian kendaraan roda tiga atau kendaraan pengangkut sampah. Alokasi dana yang 50 juta tersebut juga dialokasi untuk pembayaran honorarium kepala lingkungan selama satu tahun dan pembayaran honorarium tenaga kebersihan lingkungan yang nanti bertugas untuk keliling mengumpulkan sampah-sampah dari rumah tangga disemua lingkungan.

[postingan number=3 tag=”sampah”]

Tujuan Pemkot Mataram mengarahkan alokasi dana lingkungan ke program ini sesuai dengan tujuan dari Pemkot Mataram yang ingin menciptakan lingkungan nihil sampah atau sering disebut Lingkungan Sampahnya Nol (Lisan).

Dari pengalokasian dana lingkungan sebanyak 50 juta tersebut. yang alokasi untuk pembelian kendaraan, honorarium Kaling dan honorariumnya petugas kebersihan.masihnada sisa  sekitar 2.6 juta. Sisa anggaran ini nantinya akan diserahkan ke lingkungan untuk diarahkan pembelian arak atau kebutuhan yang lainnya. " Sisa yang ada itu nanti yang di SPJ kan ke Kecamatan" tegasnya.

Hariadi memperkirakan realisasi untuk pengadaan kendaraan roda tiga ini bisa terealisasi pada bulan februari nanti.Untuk pemilihan dan pengawasan nya nanti diharapkan ada peran serta dari masyarakat dilingkungan tersebut.

Karena uang pembayaran retribusi sampah di PDAM tersebut hanya untuk pembayaran retribusi dari TPS ke TPA. Sedangkan untuk pemeliharaan dan pengawasan diharapkan ada peran serta masyarakat untuk iuran dimasing-masing lingkungan untuk pengangkutan sampah dari setiap rumah menuju ke depo sampah.

Terpisah Kepala Bagian Pemerintahan Kota Mataram I Putu Sudarsana mengatakan semua lingkungan di Kota Mataram yang jumlahnya sebanyak 325 lingkungan baik lingkungan baru maupun yang lama anggaran nya sudah ada dimasing-masing Kecamatan. "Semua anggaran susah titipkan dimasing-masing Kecamatan" tegasnya.

Masing-masing kecamatan memiliki cara dan RKA sendiri untuk menjalankan program dari keberadaan dana lingkungan tersebut." Kewenangan ada di Kecamatan untuk realisasi dana lingkungan," ujarnya.