Dahlan Iskan Minta TGB Persiapkan Diri Pimpin Indonesia

Dahlan Iskan Minta TGB Persiapkan Diri pimpin Indonesia
PUJIAN LAGI : Mantan Menteri BUMN, Dahlan iskan kembali memuji Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, saat bertemu di rumah kediamannya, Sabtu lalu (22/7). (HUMAS PEMPROV)

SURABAYA – Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan pernah memuji Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi usai perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2016 lalu. Saat bertemu kembali pada Sabtu lalu (22/7), Dahlan bukan hanya memberikan pujian lagi, tetapi meminta gubernur NTB dua periode itu untuk persiapkan diri memimpin Indonesia.

Dalam kunjungan kerja di Provinsi Jawa Timur, pria yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) itu bersilaturrahim ke rumah Dahlan Iskan di komplek Perumahan Sakura Regency, Surabaya. Kunjungan TGB menemui tokoh Nasional dan Bos besar media Jawa Pos Group itu, merupakan pertemuan biasa, serangkaian dengan kunjungannya memenuhi undangan sebagai Narasumber yang digelar oleh para tokoh masyarakat dan sejumlah Organisasi kemasyarakatan (Ormas) di Wilayah Surabaya dan Jombang, Provinsi Jatim tanggal 22-23 Juli.

Pertemuan singkat yang dihadiri juga oleh beberapa sahabat Dahlan Iskan lainnya tersebut, menjadi ajang temu kangen diantara kedua tokoh. Diselingi acara jamuan makan siang bersama, saat itu Dahlan Iskan  kembali memuji  TGB sebagai  tokoh muda yang langka, dan sosok pemimpin yang komplit atau memiliki kemampuan lengkap. “Tuan Guru Bajang harus bersiap untuk tidak hanya menjadi milik Lombok atau NTB saja, tapi menjadi milik Indonesia,” pinta Dahlan, Sabtu (22/7).

Dahlan Iskan memang menaruh harapan besar agar Indonesia bisa dipimpin oleh sosok yang paham agama dan negara dengan baik. Menurut Dahlan, biasanya pemimpin berlatar belakang ulama cenderung lemah di manajerial. “Tetapi berbeda dengan TGB, justru menjadi sosok yang komplit,” ujarnya.

Pujian Dahlan Iskan terhadap TGB, karena gubernur NTB itu menguasai agama dan kuat juga dalam hal manajerial. Terbukti, dengan usia muda mampu memimpin selama dua periode. Provinsi NTB juga dibawah kepemimpinannya lebih maju.

Pada awal-awal tahun 2007/2008, kata Dahlan, angka kemiskinan di NTB mencapai 25 persen. Berkat kepemimpinan TGB, saat ini angka kemiskinan NTB mampu diturunkan menjadi 16 persen. “TGB sosok yang komplit, bersiaplah untuk menjadi milik Indonesia,” ucapnya.

Menanggapi pujian dan harapan tersebut, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi juga mengenang jasa besar Dahlan Iskan saat menjadi menteri BUMN. Salah satu peran Dahlan yang sampai sekarang dirasakan masyarakat NTB ialah perbaikan sistem kelistrikan.

Menurut TGB, perhatian Dahlan kepada NTB sejak menjadi Dirut PT PLN. NTB termasuk daerah yang mendapatkan prioritas penyelesaian krisis listrik. Di era Dahlan, PLN bisa mewujudkan PLTU Jeranjang yang ada di Lombok Barat. PLTU dengan kapasitas 2 x 25 MW itu menjadi salah satu solusi penyelesaian krisis listrik di NTB. “Pak Dahlan Iskan sebagai tokoh nasional sangat mencintai NTB. Nyatanya sampai sekarang tetap memantau perkembangan pembangunan di provinsi NTB,” kata TGB sebelum pertemuan tersebut dilanjutkan dengan sholat zuhur berjamaah yang di Imami langsung olehnya. (zwr)