Cari Durian, Nenek 81 Tahun Terpeleset dan Jatuh

Nenek 81 Tahun Terpeleset dan Jatuh
TERPELESET: Evakuasi nenek Habibah umur 81 tahun Warga Dusun Kekait Puncang Desa Kekait Kecamatan Gunung Sari Lobar oleh Tim SAR gabungan dibantu dari Polsek Gunung Sari, Koramil Gunung Sari di perbukitan Kekait, sekitar jam 18.10 WITA Selasa (6/1). (IST FOR RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG – Seorang nenek umur 81 tahun, Hj. Habibah, warga Dusun Kekait Puncang Desa Kekait Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat hilang Senin (5/2) lalu.

Keluarganya menyadari hilangnya si nenek pada malam hari, setelah tak kunjung pulang. Warga kemudian mencoba melakukan pencarian dan warga pun menemukan Habibah terperosok di bawah bukit keesokan harinya. Untuk mengevakuasi korban, warga dibantu Tim SAR gabungan dari Polsek Gunung Sari, Koramil Gunung Sari untuk kemudian dibawa ke Puskesmas Gunung Sari. Korban berhasil dievakuasi sekitar pukul 18.10 WITA Selasa (6/1).

Habibah sendiri diketahui terpeleset ketika hendak mencari durian di kebun umum yang berada di perbukitan Kekait. Kondisi jalan yang licin menyebabkan nenek tersebut jatuh dan terperosok dari ketinggian sekitar 25 meter. Sulitnya medan mengharuskan satu tim rescue yang diterjunkan membawa peralatan mountaineering, evakuasi, medis dan radio komunikasi.

Beruntung saat dievakuasi, korban hanya mengalami luka ringan. Namun kondisinya lemah. “Kondisi medan tidak memungkinkan untuk dilakukan evakuasi melalui jalur yang ditempuh saat menjangkau korban, penurunan dilakukan dengan cara menggunakan tali sebagai jalur utama dan peralatan lainnya,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Mataram, I Nyoman Sidakarya.

Saat dievakuasi Habibah masih dalam kondisi sadar dan sempat berbincang dengan tim yang mengevakuasinya, hingga pada akhirnya dibawa ke Puskesmas Gunung Sari untuk diberikan perawatan, sebelum akhirnya pulang ke rumah keluarga. (zul)