Bupati Sidak Damkar BPBD

TANJUNG-Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU), Najmul Akhyar melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk melihat kesiapan armanda Pemadam Kebakaran (Damkar) berikut personelnya, Senin (23/5).

Sidak ini sendir menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait lambannya damkar dalam upaya pemadaman kebakaran toko bangunan beberapa waktu lalu di Desa Pemenang Barat Kecamatan Pemenang. “Saya sudah mengecek kesiapan-kesiapan BPBD serta personil yang ada untuk memastikan bahwa mereka siap ketika ada bencana datang. Pengalaman kebakaran beberapa waktu lalu, cukup menjadi satu pelajaran untuk tidak terulang kembali,” tuturnya.

Dari hasil sidak kata Najmul, diketahui bahwa saat kejadian kebakaran tersebut, memang terjadi keterlambatan armada Damkar. Selain itu kesiapan air yang ada di dalam tangki damkar diduga tidak banyak. “Meski ada air namun ketika disemprotkan sebentar langsung habis. Namun dari keterangan personil pemadam, selang yang digunakan pada saat kejadian kebakaran itu selang besar sehingga air cepat habis,” jelasnya.

Menurut Najmul, kebakaran beberapa waktu lalu menjadi pembelajaran ke depannya. Pihaknya pun akan mengupayakan penambahan armada damkar. “Kita akan upayakan penambahan armada dengan meminta bantuan dari pusat. Selain itu, BPBD juga akan saya minta semua personilnya untuk mengikuti pelatihan-pelatihan agar tidak kelabakan pada saat bencana datang,” tandasnya. (zul)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid