Bupati Lepas Kontingen Pramuka di HTN

PRAYA-Pembukaan Hari Tani Nasional (HTN) ke 56 di Alun-Alun Tastura Praya Lombok Tengah, menjadi momen bersejarah bagi pramuka daerah itu.

Momen itu dijadikan ajang melepas kontingen pramuka untuk mengikuti lomba Pramuka Kesehatan tingkat Provinsi NTB. Bupati Lombok Tengah, HM Suhaili FTmengaku bangga dengan prestai yang telah diraih pramuka di daera itu. Beberapa prestasi telah mampu diukirnya, dan ini tentunya bagian dari kebanggaan bagi daerah.

Prestasi yang telah diraih Pramuka bukan hanya yang ini saja. Namun sebelumnya, ia juga sudah melepaskan 54 anggota Pramuka, untuk mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) di Cibubur Jakarta Timur. “Prestasi ini harus didukung,” pintanya.

Sebagai konsekuensi, pemerintah Lombok Tengah juga telah menjadikan lokasi perkemahan Lantan Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah, sebagai tempat lokasi perkemahan. “Insya Allah, dengan beberapa prestasi ini, kami dari pemkab sendiri telah memilih perkemahan Desa Lantan sebagai lokasi pusat perkemahan, dari Lombok Tengah untuk semua,” sebutnya.

Sementara itu, wakil ketua kwartir cabang Pramuka Lombok Tengah, H Summum MPd mengaku, setelah dijadikannya Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib. Keanggotaan pramuka terus mengalami peningkatan. Bahkan semua sekolah mulai dari SD hingga sekolah atas, program pramuka sudah masuk dalam agenda wajib. Sehingga kegiatan pramuka, khususnya di sore hari, masing-masing sekolah telah mulai melaksanakannya. “Karena pramuka sudah dijadikan pendidikan wajib, maka secara otomatis semua sekolah sudah memprogramkannya,” katanya.

Selain itu, dikalangan siswa sendiri tanpa permintaan dari guru atau sekolah. Mereka sudah mulai tertarik dengan banyaknya prestasi yang telah diraih dalam organisai siswa ini. Di antaranya, peserta perkemahan Surakarta tingkat Nasional, peserta Jambore Nasional di Cibubur. Selanjutnya menjadi pembina  Kursus Mahir Dasar (KMD) untuk 1.149 pembina, SD dan 224 pembina SMP dan pernah meraih prestasi kacu terpanjang se Indonesia. ‘’Dari beberapa prestasi tersebut, pihaknya mengharapkan kedepan perenanan Pramuka di sekolah, sudah bisa dibumikan lebih maju,’’ harapnya. (cr-ap)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut