Blangko Habis, Dinas tak Bisa Cetak KTP

GIRI MENANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lombok Barat tidak bisa mencetak E-KTP lantaran blangko habis. Dinas juga belum bisa memastikan kapan blangko bisa tersedia lagi untuk memenuhi kebutuhan warga. Di lain sisi, blangko habis justru diartikan sebagai gambaran meningkatnya semangat warga melengkapi identitas kependudukan mereka. “ Kesadaran masyarakat semakin meningkat. Tercatat dua pekan terakhir ini Dukcapil tidak bisa menerbitkan E-KTP. Untuk sementara kami menerbitkan surat keterangan pembuatan E-KTP,” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Lombok Barat H. Muridun, Kamis (21/7).

BACA JUGA :  Proyek Cetak Sawah Baru 2016 Dilapor ke Polda

Ada ribuan warga yang tercatat telah melakukan perekaman. Mereka hanya bisa membawa surat keterangan antrian pembuatan E-KTP saja.

Kemudian yang menjadi tugas Pemerintah Kecamatan sebagai perpanjangan tangan Pemkab adalah ikut menyosialisasikan perlunya kartu identitas bagi warga. “ Dan kami belum mengetahui kapan ada blangko lagi,” terangnya.

BACA JUGA :  KPU NTB Tetapkan Dukungan Calon Independen 303.331 KTP

Di satu sisi ia mengaku bangga dengan antusias masyarakat mengurus KTP. Namun disisi yang lain ia menyayangkan kelangkaan blangko yang terjadi sejak dua minggu terakhir ini.

Lombok Barat sendiri mendapat jatah blangko 12 ribu dalam setahun. Sementara dalam dua minggu terakhir ini yang membuat KTP sudah mencapai 4 ribu lebih. “ Ini didasari karena jatah blangko yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk Lombok Barat,” pungkasnya.(flo)