Blangko E- KTP Masih Kosong

H. Ridwan (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM – Hingga kini blangko E-KTP di Kota Mataram masih kosong dan membuat daftar tunggu pencetakan KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Mataram terus bertambah. Ini adalah masalah di pusat karena berkaitan dengan proses tender yang gagal.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram H. Ridwan masih menunggu kepastian dari pemerintah pusat. Warga yang sudah merekam data diberikan surat keterangan (suket) sementara pengganti E-KTP. Surat keterangan ini sama fungsinya dengan KTP resmi. “ Pencetakan tak bisa dilakukan, sementara menggunakan surat keterangan ( suket) pengganti,” ungkapnya kepada Radar Lombok, Senin,(9/1).

Blangko katanya, diperkirakan baru aka nada pada bulan Desember akhir tahun mendatang. Daftar cetak terus bertambah. Berdasarkan data yang ada, jumlah daftar tunggu mencapai sekitar 10 ribu orang. Mereka sudah mengikuti perekaman data E-KTP.

[postingan number=3 tag=”ktp”]

Distribusi blangko diharapkan secepatnya, meskipun target perekaman bisa terus berjalan. Di satu sisi warga membutuhkan E-KTP untuk keperluan mereka. Warga tetap menginginkan E-KTP segera dicetak agar tak perlu lagi menggunakan surat pengganti.“ Untuk target perekaman terus berjalan. Bahkan kami targetkan  tahun ini harus selesai,” ungkapnya.

Jumlah wajib KTP Kota Mataram mencapai 296.992 jiwa, yang sudah merekam sampai saat ini baru 98,6 persen. “Sedangkan  akta kelahiran 0 sampai 18 tahun capaian kita 91,6 persen. Dari jumlah penduduk yang wajib 142.474 anak yang sudah punya akta 130.530,” pungkasnya.

Sementara itu Camat Mataram Amran M. Amin mengatakan, beberapa warga yang datang ke kecamatan terus mempertanyakan penerbitan E-KTP. Sampai saat ini, KTP masyarakat belum dicetak karena blangko yang masih kosong. Ia berharap masyarakat untuk bersabar karena pencetakan E-KTP berlaku secara nasional, semua daerah belum mendapatkan blangko.(dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid