Bhabinkamtibmas Nyurlembang Narmada Juara I Lomba Dai Kamtibmas

Bhabinkamtibmas Desa Nyurlembang Polsek Narmada Bripka Fathurrahman terpilih sebagai Juara I Lomba Dai Kamtibmas Polresta Mataram. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Sat Binmas Polresta Mataram menggelar Lomba Dai Kamtibmas.

Lomba ini diikuti tujuh personel Bhabinkamtibmas perwakilan dari masing-masing polsek jajaran Polresta Mataram. Kegiatan berlangsung di Musala Polresta Mataram, Sabtu (13/2/2021).

Lomba Dai Kamtibmas tahun ini mengangkat tema “Menaati Prokes Covid-19, Bagian dari Nilai Taqwa”. Kapolresta Mataram yang diwakilkan Kasat Binmas Polresta Mataram Kompol Dahlan membuka secara resmi perhelatan lomba. “Terselanggara kegiatan ini dimaksudkan untuk menindaklanjuti Jukrah dari Dir Binmas Polda Nusa Tenggara Barat, yang mana kegiatan ini merupakan giat rutin tahunan, ” terang Kasat Binmas.

Dahlan menilai Lomba Dai Kamtibmas ini sebagai upaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan anggota. Juga untuk mengasah kepiawaian anggota dalam menyampaikan ceramah keagamaan berkaitan dengan protokol kesehatan.

Di samping itu, untuk memacu serta memotivasi anggota agar terus semangat dalam menyiarkan pesan-pesan kamtibmas ke arah kebaikan.

Setelah melalui proses penilaian dewan juri, Bhabinkamtibmas Desa Nyurlembang Polsek Narmada Bripka Fathurrahman terpilih sebagai Juara I. Juara II Bhabinkamtibmas Kelurahan Mataram Barat Polsek Mataram Aipda Lalu M. Irawan. Juara III diraih Bhabinkamtibmas Desa Sesela Polsek Gunungsari Bripka Mujahib.

“Kalah menang dalam lomba adalah hal yang biasa, namanya kompetisi pasti ada yang menang dan kalah, yang terpenting semangat rekan-rekan bhabinkamtibmas dalam mengikuti lomba ini,” tuturnya.

Adapun yang menjadi kriteria penilaian dalam Lomba Dai Kamtibmas Polresta Mataram kali ini adalah, materi yang disampaikan oleh para peserta harus diserahkan kepada panitia. Kemudian penguasaan materi yang disampaikan oleh peserta di hadapan pendengar. Terakhir penguasaan Alquran.

Tiga kriteria tersebut menjadi poin penting penilaian, di samping penilaian seperti keterkaitan antara dalil disampaikan dengan materi yang dibawakan.

Perwakilan peserta lomba sebelumnya sudah melalui tahapan seleksi dari jajaran polsek. Peserta yang nantinya ditetapkan sebagai juara akan direkomendasikan atau diikutkan dalam Lomba Dai Kamtibmas Polda NTB. “Untuk penyerahan hadiah kami persiapkan hari Senin nanti saat apel pagi. Kapolresta Mataram yang akan menyerahkan langsung,” katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolresta Mataram yang diwakilkan oleh Kasat Binmas Kompol Dahlan, Wakasat Binmas Iptu Hayat Purnomo, Kasubbag Humas Iptu E. Anggraeni,SH, Kasiwas Ipda Ahmad Yani, jajaran Kanit Binmas Polresta Mataram dan dewan juri yang sudah ditunjuk. (zkf)