Bhabinkamtibmas Bantu Warga Berobat

Bhabinkamtibmas
BANTU WARGA : Bripka I Ketut Surya Ningrat saat membantu warganya berobat di Desa Pandan Indah Kecamatan Praya Barat Daya Lombok Tengah. (IST For Radar Lombok)

MATARAM — Membantu dan peduli dengan sesama adalah hal yang penting dalam kehidupan masyarakat. Apalagi jika dilakukan oleh kepolisian yang tugasnya memang untuk membantu masyarakat.

Hal ini ditunjukkan oleh Bripka I Ketut Surya Ningrat yang bertugas sebagai babhinkamtibmas Desa Pandan Indah Kecamatan Praya Barat Daya Lombok Tengah (Loteng). Berbekal kepedulian, Bripka Ningrat kerap menggelar pengobatan bagi warganya khususnya bagi lansia dan anak-anak.  ‘’Ini sudah saya laksanakan sejak bulan Maret 2017 dan berkoordinasi dengan kepala Puskesmas Darek,’’ ujarnya, kemarin.

Seluruh biaya pengobatan bagi warganya ini ditanggungnya. Warga  yang sudah mendapatkan bantuan  saat ini berjumlah sekitar 120 orang. Seluruhnya dibiayai dari dana pribadinya. ‘’ Ini saya bantu yang tidak mempunyai BPJS. Kalau yang tidak mempunyai BJS saya yang tanggung,’’ katanya.

Selain pengobatan gratis, ia juga merasa terpanggil dengan memberikan santunan dan sedekah. Seperti memberikan baju layak pakai. Mengenai dana yang digunakan selama ini, ia mengaku tergantung rezeki yang didapatkan. Selain itu, dana operasional bhabinkamtibmas seluruhnya digunakan untuk kepetingan masyarakatnya. ‘’ Warga saya kalau ke puskesmas itu jaraknya jauh. Apalagi jalannya juga licin, untuk itu saya mengundang langsung perawat atau dokter dari puskesmas datang langsung ke desa,’’ bebernya.

Semua ini dilakukakannya tak lain untuk merubah imej kepolisian di masyarakat. ‘’ Masyarakat saya itu awalnya agak kurang percaya dengan pelayanan kepolisian. Kehilangan kerbau saja tidak mau dilaporkan ke kepolisian. Makanya ini saya lakukan sebagai pendekatan dengan masyarakat,’’ ungkapnya. 

Dirinya juga pernah membantu salah seorang warganya yang cacat di Panggogan Dalem Desa Pandan Indah. Kemudian kepeduliannya ini direspon oleh Wakil Bupati (Wabup) Loteng Lalu Pathul Bahri. ‘’ Pak Wabup saat itu langsung menegur kepala dinas kesehatan dan langsung mengirimkan ambulans dan dirujuk langsung ke RSUP NTB,’’ kenangnya.

Kabid Humas Polda NTB AKBP Tribudi Pangastuti mengatakan, yang dilakukan oleh Bripka I Ketut Surya Ningrat ini salah satu program Quick Win Polri yang keenam yaitu Polri sebagai penggerak revolusi mental yang tertib sosial di ruang publik. ‘’ Apa yang dilakukan oleh Bripka Ketut Ningrat ini implementasi program VI Quick Wins Polri sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial diruang publik,’’ katanya.(gal/*).

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid