Benchmarking, Unpam Kunjungi Universitas Hamzanwadi

SELONG  – Jajaran manajemen Univetsitas Hamzanwadi menerima kunjungan Pimpinan yayasan Sasmita Jaya bersama beberapa unsur pimpinan Universitas Pamulang (Unpam) Banten, Rabu (6/12).

Kunjungan itu guna melakukan external benchmarking di Universitas Hamzanwadi sebagai upaya mencari dan menemukan best practice dalam pengelolaan perguruan tinggi swasta yang lebih baik.

Kunjungan ini disambut hangat oleh pimpinan Yayasan Pendidikan Hamsanwadi yang diwakili oleh ketua majlis pendidikan dan seluruh unsur pimpinan Universitas Hamzanwadi antara lain wakil rektor, direktur penjaminan mutu, para dekan, kepala pusat/kepala unit.

Acara ini difasilitasi oleh kepala pusat kerjasama dan kehumasan Universitas Hamzanwadi. Dalam pengantarnya, Kepala Pusat Kerjasama dan Kehumasan Dr Halqi menyebutkan bahwa kunjungan kali ini adalah kunjungan kedua dari berbagai perguruan tinggi yang ingin berbagi pengalaman.

“Insya Allah pada pertengahan bulan ini UPSI Malaysia selaku salah satu mitra kita pun akan berkunjungan ke kampus ini dengan misi mengimplementasikan kerja sama yang selama ini kita jalin,” ujar Halqi.

Baca Juga :  Wagub NTB Apresiasi Hamzanwadi Start-Up Academy 2021  

Menurutnya, kunjungan dari UNPAM ini merupakan kunjungan yang sangat spesial karena diketahui UNPAM sendiri merupakan salah satu PTS yang sangat konsen dengan tagline “Berbagi untuk Negeri” demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Kettua Majlis Pendidikan YPH PPD NWDI Pancor Dr  Khirjan Nahdi mengatakan pembangunan pendidikan merupakan tanggungjawab bersama melalui kolaborasi dan kerja sama, serta saling berbagi satu sama lain.

Mantan Wakil Rektor 1 itu menegaskan, kunjungan ini harus bisa dimanfaatkan oleh Universitas Hamzanwadi untuk berbagi pengalaman demi mewujudkan perguruan tinggi yang lebih berkualitas.

“Hal baik yang ada pada UNPAM harus bisa dijadikan referensi untuk kemajuan kampus kita dan tentunya hal baik  yang dimiliki oleh kampus kita bisa dijadikan best practice oleh UNPAM. Inilah salah satu tujuan penting dalam melakukan benchmarking,” ungkapnya.

Sambutan hangat dari tuan rumah dibalas dengan ucapan terima kasih setinggi-tingginya dari ketua Yayasan Sasmita Jaya Dr. Pranoto dan menyampaikan  pihaknya tidak salah memilih Universitas Hamzanwadi sebagai lokasi benchmarking.

Baca Juga :  Inovasi Teknologi, HM Djamaluddin Minta Mahasiswa Kembangkan Potensi

“Kami tahu bahwa kampus ini adalah PTS terbaik di NTB. Kami ingin memperoleh informasi tentang bagaimana mengelola institusi agar dapat mencapai standar-standar mutu yang diharapkan termasuk mengurangi angka DO,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya ingin tahu strategi mempercepat masa studi, meningkatkan persentase keterserapan lulusan, mengontrol kinerja bidang tridharma perguruan tinggi dan lain sebagainya.

Pada kunjungan ini berlangsung penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dan Implementation Arrangement (IA) bidang pendidikan antara Warek 1 Universitas Hamzanwadi Dr Abdullah Muzakar dan Warek 1 Universitas Pamulang Dr Ubaid Al Faruq.

Ia beharapan kerja sama ini dapat diimplementasikan dalam bentuk aksi-aksi nyata yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Penandatanganan MoU dan IA dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh kepala PKH Universitas Hamzanwadi. (luk)

Komentar Anda