Api Lalap Ruko Depan Kampus 45

MATARAM- Kebakaran kembali terjadi di Kota Mataram. Kali ini api melalap bangunan rumah toko (Ruko) di Jalan Imam Bonjol depan kampus Universitas 45 Mataram dini hari (28/8) sekitar pukul 00.30 Wita.  Barang-barang berharga di dalam Ruko tidak bisa diselamatkan. Ruko ini milik warga bernama Army, penjual sepatu. “ Yang terbakar Ruko permanen,” kata Kepala PMK Kota Mataram H. Abdul Kadir kepada Radar Lombok kemarin.

Api berhasil dijinakkan setelah petugas datang dengan tiga unit mobil pemadam.  Kadir menjelaskan, penyebab kebakaran diduga akibat hubungan pendek arus listrik. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

“ Untuk memadamkan api kami mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran. Api berhasil dipadamkan  hanya dengan waktu 20 menit. Untuk menghindari percikan api ke deretan Ruko lainnya, selain menggunakan air petugas juga menggunakan alat Apar,” jelasnya.

Ini adalah kasus kebakaran kesekian di Mataram dalam sebulan terakhir. Sebelumnya kebakaran melanda  gudang mebel di komplek Perumahan Panda IV Monjok Perluasan dan di Pondok Pesantren Darul Falah Pagutan. Kasus di Ponpes Darul Falah menimbulkan korban jiwa.

Untuk mengantisipasi kasus kebakaran, warga diminta tetap waspada serta menyiapkan Alat Pemadam Api Ringan (Apar).

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Pemadam Kebakaran Kota Mataram, Muslehudin menambahkan, saat ini kebakaran marak terjadi karena masih kurangnya kesadaran masyarakat terkait penggunaan kabel listrik terutama yang banyak terjadi seperti korsleting. “ Itu pemicu kebakaran yang paling banyak terjadi, terkadang masyarakat tidak menggunakan kabel yang berstandar, serta kerap merubah aliran listrik tanpa sepengetahuan petugas PLN,” katanya. (dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid