Antisipasi Bencana, Dinas Pangkas Dahan Pohon

MATARAM – Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pertamanan Kota Mataram mulai melakukan pemangkasan dahan pohon yang berumur tua di sepanjang jalan mengantisipasi ancaman bencana saat musim hujan. Jika tidak dipangkas, dikhawatirkan roboh dan menimpa rumah atau orang. Pohon yang dipangkas diantaranya terdapat di Jalan Pejanggik, Jalan Langko, Jalan Sriwijaya, Jalan Majapahit dan Jalan Selaparang.

Kepala Dinas Pertamanan Kota Mataram H. Kemal Islam mengatakan, pemangkasan dilakukan seiring tibanya cuaca yang tidak menentu saat ini. “ Rata-rata pohon juga sudah usia uzur meski bagian bawahnya kuat,” ungkapnya.

Yang dipangkas adalah bagian dahan yang  masuk kawasan rumah warga. Ini untuk mengantisipasi dahan tidak patah dan justru menimbulkan korban. “ Pemangkasan memang penting sebab sudah banyak dahan yang tua dan rapuh. Jika tidak dipangkas dikhawatirkan akan membahayakan masyarakat sekitar, utamanya pengguna jalan,” terangnya.

Ia berharap masyarakat berperan aktif menjaga lingkungan tetap bersih, rapi dan indah. Sebab percuma jika ini digalakkan pemerintah sementara masyarakat pasif.

Pemangkasan kata Kemal, dilakukan di beberapa ruas jalan dan dilakukan secara berkala. Karena memang pohon-pohon yang berdiri di pinggir jalan merupakan pohon-pohon yang sudah berusia ratusan tahun sehingga banyak dahannya yang sudah lapuk.

Dinas juga gencar melakukan komunikasi dnegan Badan Metreorologi  Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk antisipasi bencana yang kerap datang secara tiba-tiba seperti angin puting beliung. “ Ini supaya tetap siaga,” pungkasnya.

Salah satu warga sekitar Jalan Pejanggik, Humaidah,  menyambut baik pemangkasan pohon. Karena beberapa kali dahan pohon patah dan menjatuhi rumah warga. Sudah saatnya pohon tua dipotong supaya tidak berbahaya.(dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut