Amin Bingung Pilih Rohmi atau Ali BD

Muhammad Amin
Muhammad Amin (dok/)

MATARAM—Sosok Siti Rohmi dan Ali BD disebut-sebut dua tokoh sangat berpotensi kuat akan didampingi ketua Partai Nasdem NTB, Muhammad Amin di Pilkada NTB 2018. Amin diminta tanggapan apakah memilih Siti Rohmi atau Ali BD malah bingung menjawab.

Ia mengaku masih bimbang memilih pasangan calon pasangan. “Ibu Rohmi dan Pak Ali sama-sama baik sepak terjangnya dalam politik. Makanya belum diputuskan,” kata Amin, Jumat kemarin (4/8).

Kendati demikian, ia mengatakan, sampai saat ini dirinya belum ada pembicaraan  intens dan khusus dengan kedua tokoh kuat dan berpengaruh tersebut. Meskipun, dirinya sudah sering bersilaturahmi dan bertemu dengan kedua tokoh tersebut. Namun, tidak ada pembicaraan terkait soal pilkada.

Menurut Amin, Pilkada NTB masih belum akan dilaksanakan dan  relatif lama. Praktis, tidak terlalu tergesa-gesa dalam menentukan sikap politik.

“Kalau ada yang mewacanakan saya cocok berpasangan dengan Ali BD atau Siti Rohmi, ya wajar saja dan tidak ada yang salah, karena itu kan politik,” katanya.

Walaupun demikian, Amin memastikan siap berpasangan dengan Siti Rohmi atau Ali BD di suksesi Pilgub NTB. Hanya saja, Partai Nasdem merekomendasikan diri untuk intens dan aktif membangun komunikasi politik dan menjajaki koalisi Partai Demokrat.

Namun karena situasi dan konstalasi politik terus dinamis dan berkembang, Amin pun aktif juga membangun dan menjajaki komunikasi politik dengan semua parpol dan figur lain. Misalnya, parpol tergabung koalisi poros tengah, Partai Golkar, PDIP dan lainnya.

“Dengan Pak Ahyar dan Pak Suhaili saya juga berkomunikasi,” sebutnya.

Pengamat politik NTB, Agus MSi mengatakan, Muhammad Amin adalah sosok cawagub paling logis dan realistis diambil Siti Rohmi sebagai pendamping di kontestasi Pilkada NTB. Bukan tanpa alasan dan pertimbangan dirinya mengatakan demikian.  Hubungan emosional Amin selaku wakil gubernur adik kandung Siti Rohmi, TGH M Zainul Majdi menjadi nilai plus.

“Kita tidak pernah mendengar terjadi miss antara TGB sebagai gubernur dengan Amin sebagai wakilnya sampai akhir masa jabatan TGB-AMIN,” papar Agus.

Lebih jauh dikatakan, terjaganya hubungan baik antara TGB dan Amin memudahkan komunikasi politik dua tokoh NTB ini. Keyakinan Agus ini diperkuat dengan seringnya Amin diberikan tugas-tugas menemui masyarakat NTB pada kegiatan-kegiatan pemerintahan terutama ke basis NW seperti Pancor.

Ia pun menilai, Sosok Amin dikatakan paling siap dan matang sebagai calon Wakil Gubernur dibandingkan nama-nama yang beredar di tengah masyarakat NTB. “Saya kira semua bakal calon  Gubernur NTB saat ini sedang menimbang pasangannya secara matang,” pungkasnya.(yan)