10 SMP Mataram Dapatkan Bantuan Lab Komputer

PERSIAPAN-UNBK
PEMASANGAN : Tim teknisi mulai memasang perangkat laptop laboratorium komputer di SMP Negeri 17 Mataram untuk dimanfaatkan dalam pelaksanaan UNBK pada 2020 mendatang. Abdi Zaelani/Radar Lombok

MATARAM – Dinas Pendidikan Kota Mataram  mulai mempersiapkan infrastruktur pendukung pelaksanaan Ujian Nasional jenjang SMP pada 2020 mendatang. Dari 24 SMP Negeri di Kota Mataram, sebanyak 10 SMP mendapatkan bantuan laboratorium yang bersumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

“Kami targetkan pada 2020 mendatang semua SMP di Kota Mataram sudah bisa menerapkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kota Mataram Muhammad Taufik, Jumat  (11/10).

Taufik menyebut, sebanyak 10 SMP negeri di Kota Mataram pada 2019 ini mendapatkan bantuan laboratorium komputer. Setiap SMP menerima 18 laptop bersama kelengkapan lainnya. termasuk juga server, PC dan beberapa kelengkapan lainnya untuk pelaksanaan UNBK pada 2020 mendatang.

Taufik mengatakan, bantuan laboratorium untuk SMP tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Di mana pada tahun sebelumnya bantuan dari pusat dalam bentuk PC (komputer), tapi di 2019 ini adalah unit laptop beserta kelengkapan lainnya dalam pelaksanaan UNBK. Setiap SMP penerima bantuan laboratorium mendapatkan 18 unit laptop.

“Beberapa hari ini sudah mulai proses pendistribusian dan pemasangan fasilitas lab UNBK itu di sekolah penerima bantuan,” terang Taufik.

Adapun SMP yang menerima bantuan laboratorium komputer, diantaranya SMP 9, SMP 16, SMP 19, SMP 20, SMP 17, SMP 4, SMP 8, SMP 5, SMP 10 dan SMP 11. Sementara itu, SMP lainnya yang belum lengkap fasilitas laboratorium komputer, tetap bisa melaksanakan UNBK dengan beberapa cara.

Menurut Taufik, sebagian SMP yang tidak mendapatkan bantuan lab komputer dari pemerintah pusat tahun ini, sebenarnya sudah memiliki fasilitas lab. Hanya saja, karena jumlah siswanya yang banyak, sehingga tidak mencukupi. Seperti SMPN 1 Mataram dan SMPN 15 Mataram.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin semua SMP di Kota Mataram bisa melaksanakan UNBK pada 2020 mendatang,” ujarnya optimis. (adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid