Waspada! Longsor Terjadi di Dua Titik Jalan Nasional Malaka Lombok Utara

IST/RADAR LOMBOK BERSIHKAN: TRC BPBD KLU bersama Damkar KLU membersihkan material longsoran di Jalan Nasional Dusun Setangi, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, KLU, Rabu (24/2/2021).

TANJUNG–Hujan deras yang terjadi Selasa (23/2/2021) malam hingga Rabu (24/2/2021) pagi menyebabkan longsor di perbukitan pinggir jalan nasional, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Longsor berupa tanah dan batu itu, terjadi di dua titik yakni di jalan nasional Dusun Malimbu dan Dusun Setangi, Desa Malaka. Tampak material longsor menutupi sebagian badan jalan sehingga mengganggu arus lalu lintas Rabu pagi hingga siang ini.

Begitu menerima laporan dari Kadus Malimbu dan Setangi, sekitar jam 07.30 WITA, Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Lombok Utara (KLU) bersama Pemadam Kebakaran (Damkar) KLU langsung bergegas menuju lokasi.

Kedua regu dari masing-masing satuan membersihkan material dengan cara manual. Selain juga menyemprotkan air ke material longsoran. Sayangnya tidak semua material longsoran bisa ditangani, karena begitu disingkarkan, material longsoran dari atas ikut turun. Mengingat hujan masih terjadi siang ini, dan tanah juga labil di kedua titik. “Perlu bantuan alat berat. Kita sudah melaporkan ke kantor agar dibantu alat berat. Mengingat hujan juga masih terjadi sampai siang ini,” ujar Komandan Regu III TRC BPBD KLU, M. Sai, Rabu (24/2/2021).

Dikarenakan material longsor tidak bisa maksimal ditangani dengan cara manual, maka tim di lapangan untuk sementara waktu ditarik. (zul)