Warga Terjebak Banjir, Tim SAR Terima Puluhan Laporan Evakuasi

Evakuasi warga oleh Tim SAR Mataram. (IST/SAR MATARAM)

GIRI MENANG–Banjir dan Longsor terjadi di sejumlah lokasi di wilayah Kabupaten Lombok Barat, khususnya di Kecamatan Batulayar, Gunungsari dan Sekotong, Senin pagi (6/12).

Di antaranya di Kecamatan Batulayar yakni di Desa Senggigi, Lembahsari, dan Batulayar. Sementara di Kecamatan Gunungsari banjir di Desa Kekait, Taman Sari, Sesela dan Gunungsari. Begitu juga di Kecamatan Sekotong.

Kades Senggigi Mastur mengatakan, banjir di Senggigi disebabkan karena air sungai yang meluap. “Untuk sementara saluran Sungai meluap dikarenakan curah hujat yang lebat tidak berhenti kemarin,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Dua Warga Gunungsari Ditangkap Kasus Narkoba di Lombok Utara

Sementara banjir juga mengancam Lembahsari, Kecamatan Batulayar karena bendungan jebol. “Lokasi di Lembahsari berbatasan dengan Kekait. Bendungan Sandik jebol,” ungkap Camat Batulayar Afgan Kusuma Negara.

Tim SAR Mataram sendiri mendapat puluhan laporan meminta bantuan dievakuasi. Mereka yang meminta bantuan ini rata-rata terjebak di loteng rumahnya, tidak bisa ke mana-mana karena air sampai pinggang. Misanya di BTN Pondok Indah Sesela.

BACA JUGA :  Gunungsari Alami Curah Hujan Harian Tertinggi Sepanjang 19 Tahun Terakhir

“Saat ini sudah puluhan laporan terkait banjir dan permohonan bantuan evakuasi mask ke kami, seluruh personel yang ada di kantor, kapal dan pos sudah terjun,” pungkas Humas SAR Mataram. (ami/RL)