Mulang Pekelem di Danau Segara Anak Rinjani, Tim SAR Disiagakan

Tim SAR dikerahkan ke Rinjani untuk mengawal prosesi Mulang Pekelem. (FOTO SAR)

MATARAM–Dalam rangka kegiatan upacara yadnya Mulang Pekelem tahun 2021 di Danau Segara Anak Gunung Rinjani, Kantor SAR Mataram menerjunkan tim rescue untuk melaksanakan siaga SAR khusus sejak 16-20 Oktober 2021.

“Para personel juga dilengkapi perlengkapan keselamatan, seperti peralatan mountaineering dan APD (alat proteksi diri),” kata Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit, Minggu (17/10/2021) melalui rilis resminya.

BACA JUGA :  Kapal Liberty Tenggelam, 2 ABK Dievakuasi ke Lombok, 1 Meninggal

Untuk mencapai tujuan, jalur pendakian yang ditempuh melalui Pegadungan, Dusun Senange, Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Selain dari pihak Kantor SAR Mataram, unsur dari TNI, Polri dan lainnya turut serta dalam siaga SAR khusus.

“Tujuannya (siaga SAR khusus) memberi rasa aman, nyaman, dan mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan,” imbuh Nanang.

BACA JUGA :  Kebakaran Kaki Rinjani Berhasil Dipadamkan

Bertempat di Pura Jagatnatha Mayura Cakranegara, Gubernur NTB yang diwakili oleh Sekda Provinsi NTB secara resmi melepas rombongan upacara Mulang Pekelem, Jumat (15/10/2021).

Kegiatan upacara yadnya Mulang Pekelem kali ini diselenggarakan oleh krama (masyarakat) Pura Jagatnatha Mayura dengan jumlah peserta mencapai ratusan orang. (RL)