Warga Lingkar Muslim Bagikan Daging Kurban

GIRI MENANG—Warga Perumahan Lingkar Muslim, Desa Bajur, Labuapi, Lombok Barat pada lebaran Hari Raya Idhul Adha 1437 Hijriah ini kembali memotong hewan kurban sebanyak 8 ekor sapi dan 6 ekor kambing. Hewan kurban yang terkumpul tersebut merupakan kurban murni dari masyarakat yang tinggal di kompleks perumahan Lingkar Muslim pertama dan terbesar di Provinsi NTB tersebut.

“Alhamdulillah Hari Raya Kurban tahun ini, hewan kurban yang terkumpul dari warga kompleks Perumahan Lingkar Muslim terus bertambah dari jumlah tahun sebelumnya,” kata Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Attaqwa, Perumahan Lingar Muslim, Bajur, Agus Salim yang didampingi Ketua Takmir Masjid Attaqwa, Ripai, dan Bendahara PHBI, Rudi Irawan, Senin (12/9).

Sebanyak 8 ekor sapi dan 6 ekor kambing tersebut berasal dari hewan kurban warga yang ada di kompleks perumahan Lingkar Muslim, Dusun Banjur Induk, Desa Bajur, Kecamatan Labuapati, Lombok Barat. Jumlah itu meningkat dibandingkan tahun 2015 lalu, hewan kurban yang terkumpul di kompleks perumahan muslim tersebut sebanyak 4 ekor sapi dan 7 ekor kambing.

Sebagai kompleks perumahan muslim pertama di NTB, Lingkar Muslim, Bajur yang dihuni sebanyak 347 kepala keluarga (kk), kekompakan warganya memang patut diacungi jempol, dan bisa menjadi contoh di komplek perumahan lainnya di NTB. Baiamna tidak, dengan kondisi sosial yang berbeda, namun penghuni komplek ini kompak dalam mensyiarkan ajaran agama Islam.

Seperti dalam pengumpulan hewan kurban, warga masyarakat di kompleks perumahan Lingkar Muslim untuk membeli 1 ekor sapi kurban dilakukan secara bergotong royong yakni 1 ekor sapi di beli secara urunan oleh 7 orang. Untuk pembelian sapi hewan kurban, masyarakat setempat mencicil selama satu tahun hingga terkumpul untuk seekor sapi yang disesuaikan dengan harga sapi saat jelang lebaran Idhul Adha.

“Kompleks perumahan Lingkar Muslim ini tergolong masih baru. Pelaksanaan kurban pertama itu tahun 2014 dari hanya kurban kambing dan setiap tahunnya terus meningkat,” terangnya.

Ketua Takmir Masjid Attaqwa Perumahan Lingkar Muslim, Bajur, Ripai mengatakan, daging hewan kurban tersebut selanjutnya akan dibagikan kepada perkampungan yang ada di sekitar kompleks Perumahan Lingar Muslim. Seperti Dusun Bajur Induk, Dusun Karang Tawah dan Lingkungan Karang Genteng, Kelurahan Pagutan, Kota Mataram.

Masing-masing dusun/lingkungan ada sekitar 300 penerima daging kurban. Namun jumlah tu bisa saja bertambah, tergantung hasil pemotongannya nanti. “Masyarakat mampu berbuat untuk masyarakat lainnya yang membutuhkan. Pembagian daging hewan kurban ini sebagai bentuk kepedulian warga Perumahan Lingkar Muslim, Bajur kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya. (luk/adv)