Universitas Hamzanwadi Gelar ICETE

SEMINAR: Rektor UNviersitas Hamzanwadi, Dr.Ir Hj Rohmi Djalilah MPd didampingi narasumber lainnya bersama narasumber lainnya dalam seminat ICETE (MUHAMMAD HAERUDDIN/ RADAR LOMBOK)

MATARAM—Universitas Hamzanwadi menggelar seminar International Conference Elementary and Teacher Education (ICETE) 2016. Seminar ini bertema; To Excel In Teaching And Learning for Global Competence.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini dimulai sejak Sabtu 22- 23 Oktober dilaksanakan di Hotel Grand Legi Mataram. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Gubernur NTB, Dr TGH Muhammad Zainul Majdi MA. Tampil sebagai pembicara kunci yakni, Prof Dr. Bunyamin Maftuh, MA MSi.

Pembicara lain yang berasal dari luar negeri yakni, Prof Dr Hamdan Bin Said asal Malaysia, Chew Lee Chin, Ph.d asal Singapura, Jannie Lensen, M.A asal Belanda dan Dr. Mirella Wyre asal Australia. Tampil pula tuan rumah Dr.Ir Hj Rohmi Djalilah M.Pd, selaku Rektor Universitas Hamzanwadi.

Dr.Ir Hj Rohmi Djalilah M.Pd, dalam sambutanya mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan. Namun kegiatan yang pertama dilakukan ketika Universitas Hamzanwadi masih menjadi perguruan tinggi dengan nama STKIP Hamzanwadi Selong.

Dengan kegiatan ICETE tersebut diharapkan untuk peseta didik baik itu guru dan dosen supaya lebih peropesional dan mendapat pengalaman baru. Terlebih dunia pendidikan saat ini dihadapkan dengan era globalisasi yang tentunya memerlukan keterampilan mempuni dalam bidang sosial dan praktik.

“Kita harapkan bisa memberikan dampak yang baik bagi dunia pendidikan di Indonesia sehingga mampu menjadi pendidik yang berkualitas  yang memiliki inovasi-inovasi baru,” ungkapnya, Sabtu (23/10).

Ditambahkanya juga bahwa menghadapi era glonalisasi, guru tidak hanya diajarkan mampu sekedar memberikan materi pelajaran. Namun, guru harus mampu menanamkan jiwa sosilal dan mampu memberikan suport tentang peran dan fungsi guru dalam dunia pendidikan.

Sementara itu, Gubernur NTB, Dr TGH Muhammad Zainul Majdi MA ketika membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, pendidikan merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan. Karenanya, pendidikan harus didapatkan semua pihak. Pendidikan juga disebutnya sebagai mobilitas vertikal manusia dengan penciptanya.

“Dalam ayat suci Alqur’an juga sudah dijelaskan bahwa tuhan akan meninggikan derajat orang yang berilmu,” Ungkapnya.

TGB mengapresiasi langkah nyata yang dilakukan oleh Universitas Hamzanwadi dalam memajukan pendidikan di NTB, terutama di Lombok.  Ia berharap pendidikan di daerah yang dipimpinnya akan terus menunjukan kemajuan. (cr-met)