UKW Ciptakan Wartawan Berkualitas

PEMBUKAAN UKW: Wakil Bupati Lotim, H Rumaksi saat menyampaikan sambutan pada pembukaan kegiatan UKW oleh PWI Lombok Timur di Grand Ori Tetebatu Sikur Lombok Timur, Jum'at (11/12). (jalal/radarlombok.co.id)

SELONG-Wakil Bupati Lombok Timur, H Rumaksi mengharapkan para peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diadakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lombok Timur, dapat mencetak wartawan yang berkualitas dan profesional.

Harapan itu disampaikannya dalam sambutan, sekaligus membuka kegiatan UKW yang berlangsung di Hotel Grand Ori Tetebatu Sikur Lombok Timur, Jum’at (11/12/2020).

“Saya berharap melalui UKW ini dapat mencetak wartawan yang berkualitas dan profesional, untuk membangun Lombok Timur,” katanya.

Bahwa wartawan yang telah memiliki uji kompetensi tentunya akan memiliki wawasan yang luas, serta paham akan etika jurnalistik yang baik.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan dan keberhasilan suatu daerah sangat ditentukan oleh peran serta wartawan. Sehingga uji kompetensi ini sangat penting artinya bagi peningkatan pendidikan serta wawasan yang lebih luas, untuk dapat menghasilkan karya jurnalistik yang baik, serta ikut serta dalam mendorong kemajuan pembangunan di Lombok Timur.

“Bila sudah melalui uji kompetensi ini, saya yakin wartawan akan dapat menyajikan berita yang baik dan berimbang untuk masyarakat,” ujarnya menambahkan.

Dengan berita yang berimbang, tentu masyarakat akan dapat memahami situasi dan kondisi, sehingga berita yang dihasilkan oleh jurnalis atau wartawan juga tidak merugikan pemerintah, yang tentunya juga merugikan masyarakat Lombok Timur.

“Saking pentingnya UKW ini, sehingga saya berharap sebelum seorang menyandang gelar wartawan, sudah seharusnya diwajibkan dulu untuk memiliki sertifikat melalui UKW,” tandasnya.

Kesempatan tersebut, Wabup juga menyentil peran ganda wartawan, sekaligus LSM yang kerap dimanfaatkan untuk menggertak dan menakut-nakuti pemerintah.

Sementara itu, Ketua PWI Cabang NTB, Nasrudin dalam sambutan mengatakan bahwa UKW ini adalah sebagai motivasi bagi masyarakat Lombok Timur, untuk membangun output yang baik, demi kemajuan daerah.

“Hendaknya kita tidak memprovokasi, akan tetapi justru kita harus menjadi solutif guna menghasilkan kebaikan dan kemanfataan bagi masyarakat, juga bagi pemerintah,” ujar Nasrudin.

Ketua PWI ini sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Lombok Timur yang memiliki perhatian begitu besar kepada PWI di NTB.

“Atas perhatian yang luar biasa ini, marilah kita berikan karya yang terbaik untuk pemerintah dan masyarakat Lombok Timur,” imbuhnya.

Sedangkan Ketua Panitia, Hasanah Effendi dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Pemkab Lombok Timur.

“Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah Lombok Timur, yang mendukung sepenuhnya kegiatan ini,” ucapnya.

Asben panggilan akrabnya ini mengatakan bahwa dari sekitar 70 wartawan yang ada di Lombok Timur, hanya 18 orang yang mengikuti kegiatan UKW ini.

Ke depan diharapkan akan dapat menuntaskan semua wartawan yang ada di Lombok Timur ini bisa mengikuti UKW secara bertahap setiap tahun.

Dijelaskan pula, ke-18 peserta ini semua mengikuti kegiatan UKW untuk kategori Wartawan Muda. “Tahun-tahun berikutnya, kami berharap akan ada lagi di Lombok Timur dapat melaksanakan UKW untuk kategori Wartawan Madya dan Wartawan Utama,” harapnya. (lal)