Uji Kualitas Jaringan Fiberisasi Melalui Kompetisi Digi Race 2019

Digi Race 2019
DIGIRACE : Yuda Pranata, perwakilan XL Axiata (tengah) bersama para pemenang Kompetisi Digi Race Mataram 2019 di Mataram, (16/11). Kompetisi ini melibatkan 10 penggiat sosial media asal Mataram guna menguji kualitas fiberisasi XL Axiata.

MATARAM –  XL Axiata kembali menggelar kompetisi permainan interaktif berbasis digital “Digi Race Competition 2019”. Kompetisi tahunan yang kali ini digelar di Mataram, sekaligus menjadi ajang untuk menguji jaringan data XL Axiata setelah proses fiberisasi untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan data di hampir seluruh wilayah  Pulau Lombok. Total sebanyak 10 peserta yang merupakan para penggiat sosial media mengikuti kompetisi di Mataram ini.

Group Head East Region XL Axiata, Bambang Parikesit mengatakan, terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, salah satunya melalui proses fiberisasi yang telah terlaksana di sebagian besar wilayah Pulau Lombok, termasuk Mataram sebagai kota terbesar sekaligus ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber, termasuk sekaligus melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS,” kata Bambang.

Program fiberisasi jaringan, merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G. Sebagai teknologi jaringan tercanggih, 5G mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah. Keunggulan teknologi ini hanya bisa didapatkan jika site atau BTS terkoneksi dengan fiber.

Hingga saat ini, fiberisasi jaringan XL Axiata sudah terlaksana di semua ibu kota provinsi dan kota-kota besar di Jawa, Madura, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok, terutama di kota atau area yang memang secara pertumbuhan data sudah memerlukan jaringan fiber.

Guna memastikannya lebih lanjut sekaligus menunjukkan kepada masyarakat luas, XL Axiata menyelenggarakan program khusus “Digi Race Competition 2019”. Dengan mengundang para peserta dari kalangan pegiat media sosial independent yang intens memanfaatkan layanan data.

Bambang menambahkan, tantangan yang harus diselesaikan oleh peserta terdiri atas kuis dengan pertanyaan-pertanyaan melalui video streaming di aplikasi Youtube. Selain itu ada juga games yang memanfaatkan platform media sosial lainnya seperti Spotify, Instagram, dan Netflix. Jenis tantangannya meliputi aktivitas digital untuk menguji kualitas jaringan setelah dilakukan fiberisasi. Semua jenis tantangan mengharuskan peserta untuk mengakses layanan data dengan kapasitas besar seperti streaming, mengunduh, mengunggah, dan memainkan games.

Dengan mengundang para tokoh yang memiliki pengaruh kuat di media sosial atau yang biasa disebut sebagai Key Opinion Leader (KOL), XL Axiata sekaligus berusaha menunjukkan dan meyakinkan masyarakat luas bahwa upaya terus menerus akan dilakukan guna memenuhi ekspektasi pelanggan atas kualitas layanan data yang mampu mendukung aktivitas produktif mereka. Ke-10 penggiat social media yang akan menjadi peserta pada kegiatan ini adalah Monica Risella Alexandra, Lana Puspitha, Kaki Sumpit, Yundy Bhakti Prasetya, Ahmad Ilmi, Vicky Savema, Seno Kuncoro, Dinda Cassanova, Liwa Asakinah, Diana Panggabean. Selama di Mataram, mereka mengunjungi  Islamic Center Lombok, Acibara Coffee, Sate Rembiga Lomboku, Restoran Taliwang H. Murad, Lesehan Kalisari, Rujak Kemeng,dan ditutup di Dapoer Sasak. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid