Tips Menghilangkan Bau Mulut Selama Puasa

MENJAGA kesehatan rongga mulut selama berpuasa sangatlah penting. Karena bila tidak dijaga akan menimbulkan bau mulut yang tak sedap. Sebab, semakin tebal lapisan lidah, maka napas akan semakin bau.

Selain itu, lapisan lidah yang tebal juga pertanda adanya penumpukan bakteri pada lidah. Sehingga mulut akan terasa tidak enak. Berikut lima cara mencegah bau mulut saat berpuasa dari Drg Callista Argentina, seperti dilansir dari Klikdokter.com, kemarin.

Pertama, hilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut dengan cara menyikat gigi minimal dua kali sehari. Anda juga bisa menggunakan obat kumur agar hasilnya lebih efektif. Namun, hindari menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol karena bisa membuat mulut terasa kering.

BACA JUGA :  Sidak BPPOM NTB Temukan Takjil Mengandung Bahan Berbahaya

Dua, Gunakan alat pembersih lidah untuk mengangkat lapisan putih yang biasanya menjadi penyebab dari bau mulut. Alat ini bisa dibeli di apotek atau di toko obat.

Selanjutnya, Jika Anda sahur dengan lauk ikan atau susu. Segeralah menyikat gigi. Sebab, protein di dalam ikan dan susu saat dipecah di dalam mulut bisa menyebabkan bau mulut.

BACA JUGA :  Makin Dekat dengan Alquran

Keempat, mulut kering juga bisa menyebabkan bau mulut. Karena itu, minumlah air putih sebanyak 1,5 liter per hari dan perbanyak makan buah-buahan di malam hari atau saat sahur.

Terakhir, sebelum tidur gunakan larutan antiseptik untuk membersihkan gigi palsu, jika Anda menggunakan gigi palsu.

"Pada saat tidak puasa pun, penyakit gusi dan gigi lainnya bisa menimbulkan bau  mulut. Karena itu sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi untuk memastikan kondisi rongga mulut Anda dalam keadaan sehat dan bersih," ujar Callista. (chi/jpnn)