Ini Khasiat Daun Binahong, dari Mengobati Hipertensi sampai Lemah Syahwat

Daun binohong (ist)

JAKARTA – Apakah ada sudah familiar dengan daun binohong ? Meski kurang populer dibanding daun herbal lainnya, teryata khasiat daun binahong dalam menyembuhkan penyakit mungkin bisa membuat Anda tercengang.

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa merebus beberapa lembar daun binahong dan kemudian dikonsumsi bersama dengan madu. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co yang dikutip dari jppn.com.

1. Mengobati hipertensi dan mencegah penyakit jantung

Selain mencegah diabetes, kandungan dalam ekstrak daun binahong juga memiliki efek menurunkan denyut jantung dan memperbanyak produksi urine. Baca Juga: Telur, Cegah Obesitas hingga Atasi Lemah Syahwat Kedua efek ini sama seperti efek obat hipertensi penghambat beta dan diuretik. Oleh karena itu, ekstrak daun binahong diduga bisa bermanfaat untuk penderita hipertensi.

Selain itu, ekstrak daun binahong juga diketahui bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah. Gabungan efek antihipertensi dan penurun kolesterol ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, misalnya gagal jantung atau serangan jantung.

BACA JUGA :  Bahaya Hubungan Intim Saat Haid

2. Mengobati asam urat

Manfaat daun binahong sebagai obat asam urat telah didukung oleh banyak penelitian. Khasiat ini diduga berasal dari kandungan flavonoid yang bisa menghambat pembentukan asam urat, sehingga ampuh mencegah dan mengurangi risiko serangan asam urat. Meski diyakini bisa mengobati berbagai penyakit, sebagian besar khasiat tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Cegah penuaan dini

Penuaan adalah efek samping lain karena stres oksidatif. Penuaan adalah proses alami, tetapi radikal bebas bisa memperburuknya. Radikal bebas merusak sel-sel kulit yang menyebabkan kulit keriput dan rusak. Antioksidan seperti betakaroten, zeaxanthin, lutein, vitamin A dan vitamin C memberikan perlindungan dari radikal bebas. Karena daun binahong merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang melimpah, herbal satu ini terbukti jauh lebih bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Vitamin A dan C sudah lama dikenal untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

BACA JUGA :  Tujuh Tahun Papuq Ijah Melawan Tumor

4. Lancarkan pencernaan

Daun binahong menawarkan serat dalam jumlah besar, meningkatkan rasa kenyang. Serat makanan bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, serat bisa memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, yang ampuh menurunkan risiko resistensi insulin, diabetes, dan gangguan metabolisme.

5. Mengatasi lemah syahwat

Daun binahong dipercaya efektif untuk mengatasi lemah syahwat atau impotensi. Manfaat ini diperoleh dengan cara merebus 3-10 lembar daun binahong dengan 2 gelas air hingga mendidih dan hanya menyisakan satu gelas air. Dengan rutin meminum air rebusan daun binahong, secara mujarab keperkasaan suami akan kembali optimal. (genpi/jpnn)