RSUD Tripat Sosialisasikan Terapi “Stem Cell” Lewat Seminar

SEMINAR : Seminar kesehatan yang digelar RSUD Tripat di aula kantor Bupati Lombok Barat. (Git/Radar Lombok)

GIRI MENANG – RSUD Tripat menggelar seminar kesehatan dalam rangka menyemarakkan HUT RI di aula kantor Bupati Lombok Barat, Kamis (10/8). Kegiatan seminar dibuka oleh Sekda Lombok Barat H. Ilham dan diikuti ratusan peserta. Pihak rumah sakit ingin peserta mengetahui lebih dekat mengenai penanganan sejumlah penyakit berat lewat terapi ini. Terapi stem cell dinilai sebagai┬áprosedur pengobatan yang paling menjanjikan saat ini. Terapi ini diyakini dapat mengatasi berbagai penyakit yang sulit disembuhkan. Stem cell adalah sel induk yang mempunyai kemampuan untuk memperbanyak diri dan berubah menjadi berbagai jenis sel.

Seminar menghadirkan pembicara Assoc.Prof Dr. dr. Agung Putra, M.Si, Med yang merupakan Director of Stem Cell and Cancer Research (SCCR) Unissula yang juga Ketua Prodi S2 Biomedik Fakultas Kedokteran Unissula. Dalam pemaparannya, stem cell (sel punca) merupakan sel yang dapat berkembang menjadi bermacam-macam sel pada tubuh suatu organisme, termasuk manusia. Sel tersebut memerlukan perlakuan khusus sehingga dapat dipanen dan dipakai untuk terapi pengobatan pada gangguan kesehatan.”Beberapa kasus penyakit yang dapat ditangani melalui terapi stem cell ini adalah kanker, stroke, diabetes, ortopedi, gagal ginjal, kulit, dan lain sebagainya” ungkap Agung.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat H. Ilham menyampaikan apresiasinya kepada RSUD Tripat yang telah menyelenggarakan seminar ini. Ia mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat menambah ilmu dan wawasan para peserta dalam bidang kesehatan. Sekda mengatakan kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Karenanya ia meminta kepada semua pihak untuk dapat terus menjaga kesehatan. Ia juga mengatakan perlu untuk melakukan pemantauan dan pengecekan kesehatan untuk mendeteksi berbagai keluhan dan gangguan dalam tubuh kita. “Kesehatan itu merupakan sesuatu yang penting dan harus kita jaga dengan rutin melakukan olahraga dan cek kesehatan” ungkapnyanya.

Dalam kesempatan ini Sekda juga mengatakan bahwa berbagai inovasi telah dilakukan oleh OPD salah satunya Rumah Sakit Tripat. Ia berharap agar inovasi inovasi ini dapat bermanfaat bagi pembangunan lobar dan semua masyarakat Lobar. Ia juga mengatakan pada moment 17 Agustus, Pemda Lobar akan mengadakan sejumlah rangkaian kegiatan dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Ia juga meminta kepada semua masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam merayakan kemerdekaan RI di wilayah masing-masing.(git)

 

Komentar Anda