Tekan Angka Kriminalitas, Polda Minta Dukungan Kejati dan Pengadilan

SILATURAHMI: Kapolda NTB, Irjen Pol Drs Tomsi Tohir, M.Si, melaksanakan kunjungan silaturahmi ke Kantor Kejati NTB, dan  diterima langsung Kejati NTB, Nanang Sigit Yulianto, SH. MH, Rabu (15/1/2020). (polda for radarlombok.co.id)
Advertisement

MATARAM—Kapolda NTB, Irjen Pol Drs Tomsi Tohir, M.Si, bersama rombongan melaksanakan kunjungan silaturahmi ke Kantor Kejati NTB, dan  diterima langsung Kejati NTB, Nanang Sigit Yulianto, SH. MH, di Aula Kejati, Rabu (15/1/2020).

Kesempatan itu, Kapolda menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Kejati NTB, yang hadir dalam acara silaturahmi tersebut. Kapolda NTB juga bersyukur dapat bertatap muka langsung dengan anggota Kejati NTB, karena selain sebagai warga baru, juga tentunya memiliki harapan baru guna dapat menjalin hubungan yang lebih solid antara Polda NTB dengan Kejati NTB.

Guna mendukung program Presiden, Kapolda NTB mengharapkan dukungan dari Kajati dan jajaran, sehubungan dengan kondisi daerah yang dengan kasus kriminal lumayan tinggi. “Kami harapkan bisa menekan sedikit demi sedikit, serta melaksanakan pengungkapan-pengungkapan kasus yang telah terjadi,” ujar Kapolda seraya menyampaikan, banyak hal yang membutuhkan kerjasama dan soliditas dalam penegakan hukum, seperti kasus 3C, pembalakan hutan konflik sosial dan lainnya.

Selain itu, Kapolda NTB juga mengajak untuk mendukung pembangunan pariwisata di NTB, khususnya pembangunan ITDC dan rencana Sirkuit MotoGP yang nantinya dapat mendatangkan pengunjung yang sangat banyak. Tidak luput juga dibahas dalam kunjungan tersebut, yaitu sinergitas penanganan radikalisme yang masih ada di wilayah NTB.

Sementara Kajati  NTB, Nanang Sigit Yulianto, SH. MH, juga mengucapkan terimakasih atas kunjungan Kapolda NTB, dan pihaknya akan mensosialisasikan serta akan mengupayakan dengan maksimal untuk selalu bersinergitas. “Setelah ini mudah-mudahan kita dapat tetap bersilaturahmi. Karena keunggulan NTB di pariwisata, jadi kami akan selalu mengupayakan sinergitas dengan Polda NTB,” ujarnya.

Selain itu disampaikan juga ajakan untuk mengurangi tindak pidana Narkoba, tidak hanya dari instrumen negara saja, melainkan dengan tindakan preventif. “Khususnya pada daerah pariwisata, kita harus terus bersinergi agar wisatawan dapat terus bertambah. Sehingga pariwisata di NTB benar-benar menjadi berkah bagi masyarakat,” harap Nanang.

Kajati juga mempertanyakan tempat rehabilitasi pecandu narkoba secara khusus, yang sampai saat ini belum ada di Lombok, dimana kemudian dijelaskan oleh Dirresnarkoba Polda NTB, bahwa untuk saat ini masih dilaksanakan di RSJ Selagalas.

Usai kunjungan dari Kejati NTB, Kapolda bersama PJU Polda NTB lainnya kemudian menuju Pengadilan Tinggi Mataram, yang diterima langsung oleh Ketua Pengadilan, Dr. H. Kresna Menon, SH. M.Hum, yang tujuannya sama, memperkenalkan Kapolda NTB yang baru, sekaligus untuk membagun soliditas sebagai sasama aparat penegak hukum. (gt)