Tahun Baru, Trafik Layanan Data Telkomsel Tembus 4 Petabyte

telkomsel

MATARAM—Telkomsel sukses mengawal dan melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada periode akhir tahun 2016, hingga hari pertama tahun 2017. Pada momen pergantian tahun tersebut, tercatat trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 4,25 petabyte, melonjak 24,25 persen dibandingkan rata-rata payloadpada hari normal 2016 sebesar 3,42 petabyte perhari.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati mengatakan tingginya peningkatan trafik layanan data salah satunya dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang mengunggah foto atau momen penting menjelang dan setelah pergantian tahun melalui berbagai aplikasi media sosial dan instant messaging.

“Kami bersyukur upaya untuk menyiagakan jaringan dalam kondisi yang optimum dimaksimalkan dengan baik oleh masyarakat pada momen pergantian tahun,“ kata Adita, Selasa (3/01).

Selain itu lanjut Adita, penggunaan smartphone dan komputer tablet untuk melakukan video streaming, music streaming, maupun online games juga meningkat pada periode tersebut.

Di samping layanan data, kenaikan trafik juga terjadi untuk layanan suara dan SMS. Trafik layanan suara meningkat tipis 0,1 persen dibanding hari normal menjadi 1,5 miliar menit, sementara trafik layanan SMS naik 18,4 persen ketimbang hari normal menjadi 929 juta SMS.

Sementara itu, untuk layanan Telkomsel Regional Bali dan Nusa Tenggara sukses mengawal dan melayani kebutuhan komunikasi pelanggan selama malam pergantian tahun baru 2016-2017. Trafik layanan data dan SMS mengalami kenaikan paling signifikan secara regional dibandingkan hari normal di tahun 2016.

EVP Telkomsel Area Jawa Bali, Ririn Widaryani menyebutkan, layanan data mencatat kenaikan sebesar 33 persen secara Regional Bali Nusra menjadi sekitar 242 Tera Byte, dibandingkan hari normal di tahun 2016.Layanan SMS mencatat kenaikan lebih dari 4 persen menjadi sekitar 45 juta SMS, dibandingkan hari normal di tahun 2016. Sementara itu, layanan suara mencatat kenaikan sebesar 5.5 persen menjadi sekitar 115 juta menit, dibandingkan hari normal di tahun 2016.

“Kami bersyukur malam pergantian tahun dapat dilalui dengan baik meskipun terjadi lonjakan trafik komunikasi yang cukup tinggi pada jaringan secara regional,“ ujarnya.

Ia menambahkan, kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di momen-momen spesial seperti tahun baru sangatlah penting. Oleh karena itu sejak awal tim Telkomsel telah melakukan persiapan yang matang, agar kualitas terbaik dalam berkomunikasi dan dalam memanfaatkan layanan data tetap terjaga dan dapat selalu dinikmati oleh pelanggan, demi terwujudnya excellent customer experience secara berkesinambungan.

Di sisi lain Telkomsel juga telah menyediakan lebih dari 2900 BTS Telkomsel yang tersebar di wilayah Bali, lebih dari 1900 BTS Telkomsel yang tersebar di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan lebih dari 2100 BTS yang tersebar di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), dipastikan berfungsi dengan baik untuk melayani pelanggan dalam melakukan aktivitas komunikasi dan internet hingga ke pelosok Negeri. (luk)