Siklon Seroja, Sejumlah Atap Rumah di Sumbawa Terhempas, Pengendara Tertimpa Pohon

Warga panik sesaat setelah hujan dan anging kencang. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Hujan dan angin kencang akibat pengaruh siklon tropis seroja terjadi di Sumbawa, Sabtu (10/4/2021) sekitar pukul 16.00 WITA.

Berdasarkan laporan BPBD Sumbawa yang diterima Radar Lombok, ada sejumlah dampak kerusakan akibat siklon tropis seroja sekitar 30 menit itu di antaranya:

  1. Satu rumah warga terhempas bagian atap akibat hujan disertai angin kencang. Lokasi kejadian Jalan Pramuka Gang Tanjung menangis 2 Brang Biji Sumbawa Besar. Pemilik rumah Ibu Taty.
  2. Satu rumah warung berlokasi di depan SMPN 1 Labuhan Badas terhempas bagian atap. Pemilik Zulkarnaen.
  3. Pohon Tumbang berlokasi di Jembatan Kembar, Kecamatan Labuhan Badas menimpa pengendara sepeda motor, korban langsung dibawa ke puskesmas terdekat.
  4. Pohon Tumbang di depan Alfamart Javarco brang biji tidak ada korban.
  5. Dusun Bangkong, Desa Karang Dima, Kecamatan Labuhan Badas ada beberapa rumah warga yang terhempas bagian atap serta debit air di dusun tersebut meningkat, terpantau saat ini debit air perlahan menurun serta warga yang terdampak membersihkan rumah secara mandiri.
BACA JUGA :  Presiden Joko Widodo Sampaikan Dukacita Atas Bencana Banjir NTB dan NTT

Adapun tindakan BPBD Sumbawa dalam kejadian ini antara lain:

  1. Memonitor lokasi kejadian yang terjadi di beberapa lokasi
  2. Melakukan monitoring melalui media sosial mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu agar setiap kejadian bencana dapat terpantau
  3. Menyiagakan personel untuk kejadian yang akan terjadi sewaktu-waktu
  4. Melakukan pelaporan serta penyebarluasan informasi kepada masyarakat
BACA JUGA :  Banjir Lembata NTT, 11 Warga Meninggal, 16 Hilang

“Untuk kondisi terkini, hujan terpantau mereda dan pohon tumbang serta rumah warga yang terhempas bagian atap dalam proses pembersihan,” demikian laporan Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD Sumbawa M. Nurhidayat. (RL)