Antisipasi Dampak Pergerakan Siklon Tropis SEROJA di NTB

Grafis Siklon Tropis SEROJA (IST/BMKG)

MATARAM–BMKG merilis informasi Siklon Tropis SEROJA berdasarkan analisis pada 5 April 2021 pukul 07.00 WIB.

Forecaster Onduty Stamet ZAM Joko Raharjo menjelaskan, dari hasil analisis BMKG, pergerakan Siklon Tropis SEROJA 24 jam ke depan diprakirakan ke arah barat barat daya menjauhi wilayah Indonesia. “Saat ini sesuai analisis dari BMKG diperkirakan intensitas Siklon Tropis SEROJA menguat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat barat daya,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Siklon Seroja, Sejumlah Atap Rumah di Sumbawa Terhempas, Pengendara Tertimpa Pohon

Artinya, Siklon Tropis SEROJA tidak melewati NTB. Meski demikian tatap ada potensi terjadinya cuaca ekstrem di wilayah NTB. “Dari luasan area yang diprakirakan dalam analisis kami, bagian utama dari siklon tropis tidak melewati NTB, tapi tetap ada potensi terjadinya cuaca ekstrem sesuai dengan penjelasan yang ada pada informasi Siklon Tropis SEROJA yang kami berikan. Kondisi terbaru akan kami sampaikan di update informasi Siklon Tropis SEROJA selanjutnya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Mensos Risma Beri Bantuan Rp 2,47 Miliar untuk Korban Banjir Bima

Akibat pergerakan Siklon Tropis SEROJA, ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat disertai kilat/petir serta angin kencang di wilayah NTB dan NTT, dan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat petir serta angin kencang di wilayah Bali, Sulawesi Selatan, dan sebagian Sulawesi Tenggara. (sal)