Siaga Bencana, Polda NTB Gelar Simulasi DVI Polri

SIMULASI BENCANA: Polda NTB menggelar sosialisasi dan simulasi DVI Polri, bertempat di Ballroom Hotel Aruna Senggigi. (hms polda for radarlombok.co.id)

GIRI MENANG-Kesiapsiagaan menghadapi bencana yang terjadi di Provinsi NTB, Polda NTB menggelar sosialisasi dan simulasi DVI Polri, bertempat di Ballroom Hotel Aruna Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Senin (30/11/2020).

Kegiatan dipimpin oleh Kabid Dokes Polda NTB, Kombes Pol dr. H. Erwin Zainul Hakim, MARS., MH. Kes, yang dihadiri satuan TNI, Basarnas, Dinas Sosial, Polres jajaranan, PMI dan perwakilan hotel.

“Kegiatan simulasi penanggulangan bencana dilaksanakan, melihat dimana kita dalam posisi mitigasi, rencana kontijensi, rencana operasi, dan rencana pemulihan. Selain juga untuk antisipasi kebencanaan telah dipasang 6 sirine baru di Mandalika Lombok Tengah,” kata Erwin.

Disampaikan Erwin, penyelamatan, evakuasi, pp, penilaian kebutuhan , bantuan air dan sanitasi, dukungan psikologi, pengobatan dan untuk giat tersebut, masyarakat juga harus mengambil perannya masing-masing.

Demikian halnya dengan managemen penanggulangan bencana, managemen resiko bencana, mitigasi kesiapsiagaan prabencana, managemen darurat, saat bencana, managemen pemulihan dan pasca bencana untuk mengisi pengetahuan dengan bencana.

“Dalam menghadapi bencana, kita harus berdoa dan berikhtiar. Kita dituntut untuk mengetaui pengetahuan dan mengikuti prosedur yang ada saat ini,” jelasnya.

Pilosopi penanggulangan bencana sambung Erwin, yaitu bagaimana menjauhkan masyarakat dari bencana.

“Jauhkan bencana dari masyarakat, dan hidup harmonis dengan bencana (living harmony with disaster),” imbuh Kombes Pol dr Erwin. (gt)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaKapolda NTB Resmikan Kantor Penyandang Disabilitas NTB
Berita berikutnya36 Sembuh, 18 Kasus Baru dan Satu Orang Meninggal