Sering Gunakan JKN-KIS Untuk Berobat, Emil : Semoga JKN-KIS Selalu Jadi yang Terbaik

Baiq Emilia Sukmawati (IST/RADAR LOMBOK)

SELONG–Sebelum adanya program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN–KIS) biaya pelayanan kesehatan adalah sesuatu yang dianggap mahal untuk dijangkau bagi sebagian orang. Akan tetapi setelah ada Program JKN–KIS, kini semua masyarakat dapat mengakses pelayanan kesehatan.

Manfaat Program JKN-KIS telah dirasakan hampir seluruh masyarakat Indonesia, manfaat ini juga dirasakan oleh salah satu peserta JKN-KIS dari Kabupaten Lombok Timur Baiq Emilia Sukmawati. Emil begitu ia biasa disapa menyatakan bahwa dirinya sangat merasakan manfaat dari Program JKN–KIS, bahkan berkali-kali menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk berobat.

“Saya sudah menjadi peserta JKN–KIS sejak awal berdiri BPJS Kesehatan, banyak pengalaman yang saya rasakan selama menjadi peserta JKN-KIS,” ujar Emil kepada tim Jamkesnews.

Pengalamannya yang sudah berulang kali menggunakan kartu JKN–KIS untuk berobat, membawa Emil untuk berbagi pengalaman kepada masyarakat. Menurut Emil, tidak ada kesulitan saat dirinya mengakses pelayanan kesehatan menggunakan JKN–KIS. Semua berjalan lancar tanpa hambatan karena dirinya telah menjalankan sesuai prosedur yang berlaku.

“Saya telah berulang kali menggunakan kartu JKN–KIS ini untuk berobat bahkan tergolong sering. Beberapa kali saya menggunakannya saat sakit seperti flu, batuk, demam, flu, radang tenggorokan dan semuanya gratis tanpa dipungut biaya,” cerita Emil.

Lebih lanjut, Emil menuturkan bahwa selama ia menggunakan JKN-KIS, ia merasa sangat terbantu dan ia tidak perlu lagi mengkhawatirkan mengenai biaya berobat. Pasalnya, hanya dengan menunjukkan kartu kepesertaan JKN-KIS, baik dengan kartu fisik maupun kartu KIS digital yang ada dalam aplikasi Mobile JKN, dirinya bisa langsung mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus memikirkan biaya pengobatan.

“Pengalaman terakhir saya menggunakan JKN–KIS saat opname di salah satu klinik di Kabupaten Lombok Timur. Menurut saya pelayanannya sangat baik, saya langsung dilayani dengan sigap oleh petugas. Bukan hanya itu, saya juga tidak dikenakan biaya sedikit pun, karena semuanya sudah dijamin BPJS Kesehatan,” ujar Emil.

Harapannya ke depan, semoga untuk pelayanan peserta JKN-KIS bisa terus dilayani dengan baik dan tanpa diskriminasi. “Semoga BPJS Kesehatan selalu memberikan yang terbaik bagi pesertanya,” tutupnya. (dh/ay)

Artikel asli dimuat di https://www.jamkesnews.com/jamkesnews/berita/detail/tmn/26638/20210125/sering-gunakan-jkn-kis-untuk-berobat-emil–semoga-jkn-kis-selalu-jadi-yang-terbaik