Satlantas Berikan Pengobatan Gratis dan Air Bersih

SELONG—Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Lalu Lintas (Polantas) ke 61, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lotim kembali melakukan sejumlah kegiatan bhakti sosial. Setelah sebelumnya melakukan donor darah, kali ini anggota Satlantas Polres Lotim memberikan pengobatan gratis dan bantuan air bersih ke warga.

Kegiatan tersebut dilakukan di pedusunan terpencil, tepatnya di Dusun Sawu, Desa Wakan, Jerowaru, Sabtu lalu (10/9). Kegiatan dilakukan dengan tujuan untuk membantu masyarakat setempat yang mengalami krisis air, termasuk juga pengobatan.

Kasatlantas Polres Lotim melalui Kaur Lantas, I Ketut Parka mengatakan, kegiatan bhakti sosial ini dilakukan bekerja sama dengan pihak terkait. Diantaranya melibatkan anggota Dirlantas Polda NTB, Jasa Raharja, Dikes, dan jajaran Polsek setempat.

Warga sekitar lanjutnya, begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut. “Ini bagian rangkaian Baksos yang sebelumnya pernah kita lakukan dalam rangka HUT Polantas tahun ini,” ungkap Parka.

Untuk kegiatan pengobatan gratis, sebanyak 180 warga setempat mendatangi posko yang telah disiapkan untuk berobat. Kesempatan itu dimanfaatkan warga untuk memeriksa kesehatan mereka kepada dokter yang telah disiapkan. “Mereka semuanya diberikan pelayanan pengobatan secara gratis,” terangnya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pendistribusian bantuan air bersih. Sebanyak lima tangki kendaraan pengangkut air bersih dikerahkan untuk melakukan pendropan air. Bantuan ini diberikan, agar bisa membantu warga sekitar yang selama ini selalu kesulitan mendapatkan air bersih. Tidak hanya itu, warga juga diberikan bantuan tendon sebagai tempat penyimpanan air. “Kita berikan dua tandon air,” lanjut Parka.

Berbagai bantuan yang diberikan dalam Bhaksos ini diharapkan bisa membantu masyarakat setempat yang selama ini terbatas pelayanan kesehatannya, termasuk persoalan air. Dan itu lanjutnya, bagian dari upaya kepolisian, dalam hal ini Satlantas untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat. “Kedepan Satlantas bisa bekerja lebih baik sebagai pengayom masyarakat,” harapnya.

Tidak hanya itu katanya, momen ini sebelumnya Satlantas juga menyempatkan diri turun ke sekolah. Dimana para pelajar di sejumlah sekolah juga disediakan kendaraan antar jemput sekolah. Ini bagian dari sosialiasi Satlantas, bagaimana berkendaraan yang baik, khususnya bagi kalangan pelajar. “Kita sambangi sekolah  dan ini bagian dari kampanye keselamatan,” pungkasnya. (lie)