Saatnya Anak Muda Tampil Jadi Dewan

TAMPIL : Anak muda mulai banyak tampil dan memberanikan diri maju jadi caleg di NTB. (SUDIRMAN/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Forum Diskusi NTB Candidate Connect 2024 digelar anak muda di Kota Mataram. Dalam pembahasan terutama soal keterwakilan anak muda saat pemilu 2024 yang mulai banyak muncul.

Dalam rangka menghadapi pemilihan umum 2024, NTB Connect yang merupakan komunitas sosial diaspora pemuda NTB yang berdomisili di berbagai daerah dan negara, komunitas ini aktif untuk menyuarakan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Bersama Bijak Memilih, yaitu gerakan independen yang diinisiasi oleh Think Policy dan What Is Up Indonesia (WIUI) untuk melakukan agregasi informasi terkait pemilihan umum 2024.

‘’Kami ingin menyoroti peran krusial anak muda dalam proses demokrasi. Generasi muda memiliki potensi besar untuk membentuk arah politik dan sosial negara ini, dan kami mengajak mereka untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu sebagai wujud kontribusi mereka terhadap masa depan bangsa karena pemilih pemilu 2024 ini sebesar 52 persenatau 107 juta jiwa adalah pemilih muda,’’ kata ketua Panitia, Nitia Agustini Kala Ayu kepada Radar Lombok, Selasa (26/12).

Baca Juga :  Mahali Maju Pilkada Lobar

Pemilu adalah kesempatan bagi anak muda untuk belajar, berdiskusi, dan membentuk opini politik mereka. Melibatkan diri dalam proses ini akan memberikan wawasan yang lebih baik tentang mekanisme demokrasi dan memberdayakan mereka untuk berkontribusi positif dalam masyarakat.

Maka dari itu untuk memberikan ruang partisipasi yang bermakna kepada anak muda, kami menyelenggarakan acara NTB Candidate Connect sebagai forum edukasi politik anak muda di NTB yang mengundang calon legislatif muda NTB mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional untuk berdiskusi dengan konstituen mereka dan mendengar aspirasi anak muda NTB.

Peran anak muda ini menjadi sangat penting karena anak muda merupakan bagian integral dari populasi, dan suara mereka penting untuk mencerminkan keragaman pandangan dan kebutuhan masyarakat. Keterlibatan aktif anak muda akan memberikan kontribusi berharga terhadap pembentukan kebijakan yang inklusif dan progresif.

Melibatkan anak muda dalam Pemilu berarti memberikan kesempatan untuk mendengarkan aspirasi mereka, serta mengintegrasikan agenda masa depan yang lebih berkelanjutan dan sesuai dengan perkembangan zaman. Forum ini menjadi ruang berbagi ide terkait isu-isu yang mempengaruhi anak muda, seperti isu pendidikan, ekonomi anak muda, lingkungan, sosial dan budaya. ‘’Kami mengajak seluruh komunitas anak muda, baik pelajar, mahasiswa, pekerja muda, dan kaum profesional muda untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024. Antusiasme anak muda NTB untuk hadir di kegiatan ini cukup besar dengan banyaknya pendaftar kegiatan yang awalnya disediakan untuk 30 orang, pendaftar mencapai 100 orang peserta yang ingin terlibat dalam diskusi politik anak muda dan menyampaikan aspirasi anak muda dalam kegiatan ini. Suara dan partisipasi Anda akan membentuk arah bangsa ini,’’ pungkasnya.

Baca Juga :  Persoalan Utang Ketua PKB NTB ke Gubernur Bukan Pidana

Dalam kegiatan juga ada beberapa kandidat caleg muda asal Kota Mataram yang turut hadir. Seperti Mahsan salah satu caleg PDI Perjuangan dapil Cakranegara. Dia menyebutkan, diskusi publik yang dilakukan anak-anak muda saat ini, menjadi ruang bertukar pikiran. ‘’Sudah saatnya anak muda tampil, bukan hanya generasi tua yang menjadi perwakilan rakyat di DPRD kabupaten/kota,’’ katanya. (dir)

Komentar Anda