Ribuan Ton Cangkang Kemiri Disiapkan Untuk Petani Tembakau

Direktur PD Agro Selaparang Sukirman (M.Gazali/Radar Lombok)

SELONG – PD Agro Selaparang telah menjalani kerjasama dengan UD Wira untuk mememuhi kebutuhan cangkang Kemiri bagi para petani tembakau di Lombok Timur. Kontrak kerjasama ini akan berlangsung sampai 2023 mendatang.

Melalui kerjasama ini PD Agro Selaparang akan mampu menyiapkan sebanyak 3 ribu ton cangkang Kemiri untuk dijadikan bahan bakar dasar oven tembakau. Cangkang Kemiri dengan jumlah itu akan didatangkan dari provinsi NTT melalui Pelabuhan Labuhan Haji.

” Sasaran cangkang Kemiri ini tidak hanya ke para petani tapi juga ke perusahaan. Bahkan sudah ada perusahaan tembakau yang kita ajak jalin bekerjasama untuk memasok kebutuhan cangkang Kemiri ini ” kata Direktur PD. Agro Selaparang Sukirman.

Kerjasama penyediaan cangkang Kemiri ini kata dia tak lain sebagai upaya untuk mencegah terjadinya ilegal logging atau pembekalan liar di Lotim. Terlebih kata dia ketika memasuki musim tembakau kebutuhan akan bahar bakar terutama kayu sangat tinggi. Dengan cara ini para petani maupun perusahaan tembakau tidak lagi bergantung terhadap bahan bakar kayu, melainkan mereka bisa beralih menggunakan cangkang Kemiri .

“Dari 3 ribu ton kebutuhan petani sekitar 100 ton sudah kita datangkan ” lanjut dia.

Lebih lanjut disampaikan, kerjasama ini membutuhkan modal sekitar Rp. 5 miliar. Namun dari jumlah itu Agro Selaparang hanya menyiapkan modal sebesar Rp. 1 miliar sisanya ditanggulangi oleh UD Wira ” Bahkan sampai sekarang ini, dari Rp. 1 miliar yang harus kita siapkan baru hanya Rp. 600 juta modal yang telah kita keluarkan” tandasnya.(lie).