Puting Beliung Sapu Rumah Warga di Batu Basong Suela Lombok Timur

Puting beliung di Dusun Batu Basong, Desa Suntalangu, Kecamatan Suela, Lotim, Senin (1/3/2021). Korban luka ringan diberi pertolongan pertama. (IST/RADAR LOMBOK)

SELONG–Angin puting beliung menyapu sejumlah rumah warga di Dusun Batu Basong, Desa Suntalangu, Kecamatan Suela, Lombok Timur, pukul 14.30 WITA, Senin (1/3/2021).

Berdasarkan laporan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) BPBD Lotim, dalam kejadian ini nihil korban jiwa. Hanya satu orang luka ringan atas nama Inak Esah (70). Adapun rumah rusak sedang pada atap kurang lebih 50 unit.

Selain itu dilaporkan juga pada pukul 16.30 WITA, terjadi banjir luapan di Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya.

TRC-PB BPBD Lotim sendiri sudah melakukan cek lokasi dan asesment, pemberian pertolongan pertama pada korban luka, serta berkoordinasi dengan pihak desa dan kecamatan.

TRC-PB BPBD Lotim sendiri memberi imbauan, bahwa cuaca ekstrem disertai hujan dan angin kencang dengan intensitas tinggi masih akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan.

Kepada seluruh masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana yang dapat ditimbulkan yaitu bencana banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung serta dampak lainnya berupa sambaran petir dan pohon tumbang. (*/RL)