Potensial Jadi Capres, Ketum Airlangga : Prioritas Tangani Kesehatan Dulu

Airlangga Hartarto

BANDUNG–Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto ogah membahas persiapan partainya menuju Pemilu 2024. Menurutnya, saat ini kader partai digerakkan untuk memprioritaskan penanganan kesehatan di masa pandemi COVID-19.

“Ya, karena Partai Golkar konsolidasi untuk kesehatan, maka prioritasnya Partai Golkar melakukan (membuka posko) vaksinasi di DPD Partai Golkar, dan ini adalah partai pertama yang melakukan vaksinasi. Jadi ini dulu kita tangani kalau sudah selesai maka kita bicara tahun 2022, 2023 dan selanjutnya,” ujar Airlangga di Hotel Intercontinental, Kota Bandung, Jumat (4/6) malam.

“Sasaran vaksinnya tentu sesuai dengan target yakni lansia dan frontliner,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu.

BACA JUGA :  PP Pemuda Muhammadiyah Sarankan Airlangga Gandeng Cawapres Muhammadiyah atau NU

Sebelumnya, Golkar melakukan rapat konsolidasi yang dihadiri oleh para petinggi Golkar di Jabar. Dalam agenda itu, Airlangga menekankan kepada kadernya turut mengawal pemerintah daerah dalam mengendalikan COVID-19.

“Nah ini, kami sekali lagi juga mengingatkan kepada seluruh kader Partai Golkar karena mereka di DPRD kota dan kabupaten agar mengawal pemerintah daerah masing-masing. Kita masih PPKM mikro sehingga menggunakan masker dan menjaga jarak itu menjadi protokol yang utama. Kalau semua pakai masker maka persentase penularannya adalah 5 persen tapi kalau maskernya dilepas itu naik 30 persen dan kalau tidak ada yang pakai masker itu 70 persen kena,” tuturnya.

BACA JUGA :  Airlangga: Vaksinasi Lindungi Ibu Hamil dan Bayi dari Covid-19

Airlangga mengatakan, penanganan COVID-19 yang baik akan berjalan lurus dengan pemulihan ekonomi yang baik pula. Dampak positifnya, konsolidasi partai juga akan menjadi lebih kuat.

“Itu seperti kemarin saat mudik terjadi peningkatan yang sebelum Lebaran kita kasusnya sudah di bawah 90 ribu per hari, ini sudah di atas 100 ribu. Jadi ini suatu nyata yang kami ingatkan kepada seluruh kader partai Golkar, bahwa pemulihan ekonomi akan ada kalau penanganan covid-nya baik. Kalau penanganan ekonominya baik, tentu ke depan konsolidasi partai akan semakin baik juga,” tutur Airlangga. (*/gt)