Ponpes Al-Kamal Salurkan Ribuan Paket Santunan

MATARAM – Pondok Pesantren Al-Kamal Nahdhatul Wathan (NW)  Narmada, Lombok Barat memanfaatkan bulan suci Ramadan untuk berbagi terhadap sesama.

Hal itu dilakukan setiap tahun dengan  memberikan santunan kepada kaum dhuafa, anak yatim dan guru mengaji serta marbot.

Menurut Pimpinan Ponpes Al-Kamal TGH Mahalli Fikri,  tahun ini jumlah santunan yang akan dibagikan sebanyak 2500 paket. “Tahun lalu juga segitu dan alhamdulillah tahun ini akan bisa terpenuhi juga,” ucapnya sebelum acara pengajian umum Ramadan dan kegiatan santunan dilaksanakan di Ponpes Al-Kamal, Kamis kemarin (30/6).

Penyaluran santunan, terang Wakil Ketua DPRD NTB ini, untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat  nikmatnya bersedekah. Terlebih lagi pada bulan Ramdan pahala yang akan didapatkan berlipat ganda.

Ramadan kali ini, Ponpes Al-Kamal akan membagikan santunan kepada kaum dhuafa sebanyak 2500 orang, guru mengaji dan takmir masjid sebanyak 200 orang serta anak yatim sebanyak 500 anak. “Pada hari Ahad lalu kita sudah bagikan 1200 paket, sisanya setelah pengajian hari ini dan minggu depan,” ucapnya.

Pengajian umum merupakan agenda rutinitas yang dilaksanakan di Ponpes Al-Kamal. Ratusan hingga ribuan jamaah tetap memadati pengajian. Apabila pada bulan-bulan sebelumnya dilaksanakan sekali dalam sebulan, untuk bulan Ramadan dilaksanakan setiap minggu.

Dalam pengajian kali ini, TGH Mahali Fikri mendoakan kehadiran semua warga yang ada ditempat acara agar diberkahi oleh Allah SWT. “Bulan Ramadan adalah bulan yang jauh lebih istimewa dari bulan-bulan biasa, karena dibulan ini dikabulkannya segala doa dan dilipatgandakan pahala kita. Akan tetapi hal ini tidak akan ada artinya bila kita tidak pernah berdoa dan hari-harinya tidak diisi dengan sedekah,” terangnya memberikan tausyiah.

Wakil Gubernur NTB, H Muhammad Amin yang menghadiri pengajian umum Ramadan di halaman Ponpes Al-Kamal memberikan apresiasi tinggi. Amin  berharap kegiatan semacam ini tetap dialkukan setiap tahun, terlebih lagi masih banyak kelompok masyarakat NTB yang membutuhkan uluran tangan saudaranya.

Wagub juga mengingatkan kepada jamaah yang hadir agar memanfaatkan bulan ramadhan tahun ini untuk  meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. “Alhamdulillah kita masih diberi kesehatan dan kesempatan bertemu lagi dengan bulan Ramadan tahun ini. Semoga dibulan ini kita tidak hanya sempat membaca Alqur'an saja tapi juga bisa mengamalkannya di kehidupan sehari-hari, karena Alqur’an sangat banyak mengatur tentang aspek kehidupan manusia” pesannya.

Setelah sambutan, Wakil Gubernur didampingi pimpinan Ponpes memberikan santunan secara simbolik kepada perwakilan kaum dhuafa, marbot dan juga anak yatim. Acara yang sama akan kembali dilaksanakan minggu depan sekaligus memberikan santunan. Pemberian secara bertahap dilakukan karena membeludaknya jamaah yang hadir, untuk mengantisipasi itulah pemberian santunan tidak diberikan sekaligus ke semua penerima secara bersamaan. (zwr/*)