PLN NTB Optimistis Wujudkan Net Zero Emission Tahun 2050

PLN NTB memdapatkan penghargaan dari salah satu media online.

MATARAM–PLN Unit Induk Wilayah NTB berkomitmen mendukung program Net Zero Emission tahun 2050 yang dicanangkan Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui percepatan bauran energi terbarukan, serta program Co-firing pada PLTU. Selain itu PLN juga hadir melalui program-program lingkungan sebagai support untuk NTB Hijau.

General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo menyampaikan pemaparan tersebut ketika menjadi pemateri dalam kegiatan talkshow nasional HUT salah satu media online yang diselenggarakan di Kota Mataram, Kamis (16/02).

“Tahun 2022 Program Co-firing PLN UIW NTB mampu memproduksi energi bersih sebesar 4.205 MWh dengan memanfaatkan biomassa sebanyak 5.923 Ton,” ungkap Djarwo.

Ia menekankan program co-firing PLTU ini semakin kuat setelah ditandatanganinya MoU antara Pemprov NTB dan PLN UIW NTB tentang pengembangan, penyediaan dan pemanfaatan biomassa pada 27 Desember 2022 yang lalu.

Baca Juga :  Kenalkan Kendaraan Listrik, Komunitas Romli Mataram Gelar Konvoi Motor Listrik

“Co-firing sejatinya adalah trigger pengembangan ekonomi berbasis kerakyatan. Feedstock biomassa kami saat ini cukup beragam, untuk serpihan kayu dihasilkan dari 7 suplier dengan volume 1.000 ton, serbuk gergaji dihasilkan dari 1 suplier dengan volume 3.600 ton, bonggol jagung dihasilkan dari 1 suplier dengan volume 4.000 ton, dan kayu dihasilkan dari 3 suplier dengan volume 155,74 ton,” tambahnya.

Menurutnya, penanaman 15.000 bibit tanaman cepat tumbuh di Lahan Plasma Komunitas Lingkungan Hijau Biru, Desa Labuhan Kertasari, Taliwang, Sumbawa Barat serta produksi mesin woodchipper kerjasama PLN dengan workshop SMKN 3 Mataram sesuai dengan kebutuhan PLTU Jeranjang dan PLTU Sumbawa Barat cukup mencerminkan proses peralihan dari energi batu bara ke biomassa.

Baca Juga :  PLN Terus Pantau Pertumbuhan 10 Ribu Bibit Mangrove di Gili Petagan

Atas kontribusinya dalam mewujudkan Net Zero Emission tahun 2050 di Provinsi NTB tersebut, PLN Unit Induk Wilayah NTB meraih penghargaan dari salah satu media online.

Penghargaan ini merupakan salah satu hasil dari komitmen PLN UIW NTB untuk menghadirkan green energy, layanan yang andal dan berkualitas.

“Terima kasih atas perhatian dan penghargaan yang diberikan kepada PLN. Tentunya hal ini akan terus memacu kita untuk bersama-sama mewujudkan energi berkualitas yang ramah lingkungan di provinsi NTB,” tutupnya. (rl)

Komentar Anda