Pemuda Lotim Peringkat III Pemilihan Putra-Putri Pertanian 2021

Wakil 2 Putra-Putri Pertanian Indonesia 2021 diraih oleh Lalu Habib Amrul Hidayat seorang Sarjana Administrasi publik asal Lombok Timur bersama Irma Yuliana Sopandi Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung asal Sumedang. (IST/RL)

BANDUNG–Pemilihan Putra-Putri Pertanian Indonesia 2021 sukses digelar di Balai Penelitian Tanaman Hias, KP Segunung, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat pada 15-17 Oktober 2021.

Ajang pencarian dan pembinaan duta sekaligus influencer pertanian ini dilaksanakan dengan fokus kampanye produk UMKM mulai dari cemilan, makanan berat kreasi diversifikasi pangan hingga aksesoris fashion bertema pertanian. Acara ini mengusung konsep promosi melalui kreativitas seni budaya dengan media kostum tematik.

Kemal Hidayat Akbar, Mahasiswa Agroteknologi Universitas Singaperbangsa Karawang berhasil keluar sebagai Pemenang Utama Putra Pertanian Indonesia 2021. Peserta Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa Tingkat Nasional ini juga mendapat gelar sebagai Putra Pertanian Indonesia Best Agri Costume 2021.

Sementara itu Sania Salsabilla Putri Aulia yang merupakan Mahasiswi Bisnis dan Perbangkan Universitas Siliwangi menjadi Pemenang Utama Putri Pertanian Indonesia 2021. Model makeup yang juga hobi dalam memasak ini juga menarik perhatian karena mengenakan kostum pertanian tematik dengan tampilan dedaunan yang unik.

BACA JUGA :  Sejumlah Ponpes di Lotim Terima Hibah Tanah Eks Pecatu

Sementara itu Rama Albadi Sarjana Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Padang menjadi Wakil 1 Putra Pertanian Indonesia 2021 didampiingi Febrianti Setiawan yang merupakan Mahasiswi Komunikasi Sekolah Vokasi IPB.

Serta pada urutan ke-3 atau Wakil 2 Putra-Putri Pertanian Indonesia 2021 diraih oleh Lalu Habib Amrul Hidayat seorang Sarjana Administrasi publik asal Lombok Timur bersama Irma Yuliana Sopandi Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung asal Sumedang.

Mereka dinilai oleh Dewan Juri dari Balai Besar Penelitian Tanaman Hias Kementerian Pertanian yakni Dr.Ir Minangsari Dewanti MP , Iqbal Fadhlurrahman, SP dari Ikatan Putra-Putri Pertanian Indonesia serta Pelaksana Tugas Kepala Bidang Sarana Riset dan Standardisasi, Balai Besar Industri Agro Kementerian Perindustrian, Dr. Hendra Wijaya, S.Si., M.Si.

Ajang ini diikuti oleh 14 Finalis dari berbagai daerah. Sebelumnya terdapat ratusan berkas peserta yang masuk dan telah melalui seleksi berkas, seleksi wawancara, seleksi video perkenalan hingga pemantauan media sosial. Sampai akhirnya terpilih 7 Putra dan 7 Putri terbaik.

BACA JUGA :  Sejumlah Desa di Lotim Diaudit Khusus

Seluruh finalis telah dikarantina virtual sejak Agustus 2021 dan mendapatkan banyak bimbingan teknis, mulai dari bimbingan teknis tanaman hias berkhasiat obat, pengenalan media informasi pertanian, pengenalan Balai Besar Industri Agro, pelatihan public speaking hingga makeup serta pengarahan organisasi.

Founder Putra-Putri Pertanian Indonesia, Zam Ibraz mengatakan seluruh finalis akan diarahkan menjadi duta serta influencer yang akan mempromosikan dan mengembangkan pertanian melalui konsep seni budaya.

Ia menambahkan dalam waktu dekat Putra-Putri Pertanian Indonesia akan mengadakan Roadshow Dongeng Tani untuk mengenalkan pertanian kepada anak usia dini.

Sementara itu salah satu Dewan Juri yakni Dr. Hendra Wijaya, S.Si., M.Si berharap Putra-Putri Pertanian Indonesia juga dapat membantu pemerintah dalam mengenalkan pelayanan jasa Balai Besar Industri Agro ke masyarakat luas khususnya kalangan pengusaha dan pelaku industri. (Kementan/RL)