Pemindahan Puskesmas Tak Ada Sosialisasi

GIRI MENANG – Warga di Kecamatan Lembar kesal dengan  pemindahan Puskesmas Jembatan Kembar yang tanpa sosialisasi. Mereka yang datang hendak berobat bingung dan terpaksa bertanya dimana lokasi Puskesmas sementara yang jaraknya sekitar 2 kilometer dari lokasi awal.” Tadi malam ada warga dari Gerude hendak berobat. Tapi tiba di sana (Puskesmas), ternyata sepi. Warga ini bingung, sehingga kami yang tahu dia bingung langsung memberitahu,” ungkap Kepala BPD Jembatan Kembar Timur, Nashudin Arony kepada Radar Lombok, Selasa (17/5).

Ia mengaku banyak warga yang kecewa lantaran bingung. Seharusnya pemindahan lokasi Puskesmas disosialisasikan dengan baik. Puskesmas dipindah sementara waktu ke Dusun Bermi Desa Jembatan Kembar. “ Kenapa tidak disosialisasikan dulu pemindahannya,” jelasnya.

Ditambah lagi, tidak ada satupun pengumuman yang ditempel di bangunan Puskesmas. Ini yang menyebabkan masyarakat bingung dan harus lama bertanya. Ini memang sepele, namun dalam konteks pelayanan, ini sangat penting. Jangan sampai ada warga yang sakit parah malah tambah parah hanya karena terlambat sampai Puskesmas karena tidak ada pengumuman.

Sebagaimana diketahui, Pemkab Lombok Barat melalui Dinas Kesehatan akan merenovasi bangunan Puskesmas. Karena bangunan Puskesmas tergolong bangunan lama yang butuh sentuhan. Pada tahun ini ad anggaran untuk perbaikan. Tidak hanya Puskesmas Jembatan Kembar, perbaikan juga dilakukan bagi Puskesmas-Puskesmas lainnya. Karena renovasi inilah pelayanan kesehatan dipindah untuk sementara waktu.

Pihak desa pernah meminta Puskesmas menyosialisasikan pemindahan ini, namun tidak digubris. Pemindahan layanan Puskesmas sudah berlangsung selama tiga hari.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Lombok Barat Rahman Sachnan Putra menyatakan, warga sudah diberitahu menyangkut pemindahan sementara layanan kesehatan ini melalui pihak Puskesmas sendiri. Ia tidak mengelak bahwa ada warga yang belum mengetahui. Karena itu pihaknya telah memerintahkan pihak Puskesmas untuk memasang spanduk informasi.”Kami sudah pasang spanduk di depan Puskesmas,” ungkapnya.(flo)
 

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid