Pemenang Timur Wakili KLU di Tingkat Provinsi

TANJUNG – Desa Pemenang Timur Kecamatan Pemenang menjadi pemenang lomba desa tingkat Kabupaten Lombok Utara (KLU) 2016. Pemenang Timur pun berhak menjadi wakil KLU dalam lomba desa tingkat NTB.

Tim penilai lomba desa dari Pemerintah Provinsi NTB pada Kamis kemarin (2/6) turun ke Pemenang Timur untuk melakukan penilaian bertempat di aula Kantor Desa Pemenang Timur. Hadir langsung Sekretaris Daerah KLU, Suardi, mendampingi tim penilai.

Menurut Suardi, pelaksanaan dan penilaian lomba desa tingkat NTB 2016 ini diintegrasikan dengan lomba Posyandu dan program peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera pada tempat yang sama dan dalam waktu yang bersamaan.

Ditetapkannya Pemenang Timur sebagai wakil dari KLU pada lomba desa tingkat NTB, tentu saja kata Suardi telah melalui proses penilaian dan evaluasi berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan sampai tingkat KLU sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan. “Perlombaan desa dilaksanakan sebagai upaya untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan desa, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing desa melalui pembangunan Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terangnya.

Suardi menambahkan, Pemenang Timur merupakan salah satu desa di Kecamatan Pemenang sebagai pintu masuk Gili Matra (Meno Trawangan dan Air) yang tentu saja berimbas terhadap beberapa produk kerajinan kerakyatan di Pemenang Timur. “Dengan lomba desa ini sangat diharapkan semua komponen masyarakat dari semua unsur yang ada di desa dapat membaur dan melibatkan diri guna menunjukkan tingkat kemajuan dan partisipasi masyarakat secara utuh, dan harapan kita semua agar bagaimana desa dalam keseharian tercermin pada saat penilaian lomba desa ini berlangsung,” tandasnya.(zul)

BACA JUGA :  TPID Pantau Lonjakan Harga Sembako