Pawai Takbiran Kota Mataram Targetkan Rekor Muri

Pawai Takbiran
PERSIAPAN: Minitur masjid Al Muttahidah, Lingkungan Petemon, Kelurahan Pagutan Timur tengah dipersiapkan untuk pucak malam takbiran Idul Fitri. (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM — Semarak takbiran sudah mulai terasa. Tak heran Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram bersama Dinas Pariwisata Provinsi NTB memasang target bisa kembali memecahkan rekor MURI dengan peserta terbanyak di Indonesia.

Panitia Pawai Takbiran Kota Mataram H Syahrial Azmi mengatakan, kegiatan malam takbiran akan lebih semarak dari tahun sebelumnya. Jumlah kafilah se-Kota Mataram sebanyak 160 romb ongan dari enam Kecamatan. 

“Empat kecamatan starnya masing-masing di depan kantor kecamatan, sedangkan Kecamatan  Selaparang dan Mataram star digabung di depan IC bersama kafilah Provinsi NTB,’’ katanya, Kepada Radar Lombok, Senin kemarin, (27/5).

BACA JUGA: Kota Mataram Tuan Rumah Kontes Ikan Koi

Aroma pawai sudah mulai terasa, sejumlah miniatur masjid sudah mulai dipoles kalangan remaja masjid dengan berbagai warna-warni.

Dikatakan Syahrial, seperti tahun lalu Kota Mataram bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi NTB akan merebut rekor Muri pawai takbir terbanyak sebesar 5 ribu.

Khusus, bagi pemenang  panitia menyiapkan dana pembinaan. Sedangkan,  hadiah langsung ditangani kecamatan masing-masing. Setiap tahun semarak pawai takbiran terus digaungkan. Tahun lalu pernah memecahkan rekor MURI dengan peserta terbanyak dalam mengikuti pawai takbiran dan minitur masjid.

Pelaksanaan tahun ini, jelasnya, seperti lomba lampion maupun miniatur masjid. Panitia sudah mengatur lomba seperti sebelumnya.  Sementara untuk pengamanan akan dikoordinasikan dengan Satpol PP dan Polres Mataram.

Dikatakan Syahrial, pawai takbiran salah satu  tradisi yang telah dilaksanakan Kota Mataram. ‘’Selama ini semangat kalangan remaja masjid terus bangkit, mereka tetap semangat mengikuti lomba pawai takbiran,’’ pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram I Made Swastika Negara mengatakan, pelaksanan pawai takbiran sudah menjadi tradisi tahunan setiap malam Idul Fitri.  Pihaknya, juga melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi NTB. (dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid