Pangkalan TNI AL Banjarmasin Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Warga Pesisir

MENINJAU: Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M.Tr. Hanla, didampingi Ketua Penyelenggara Mayor Laut (K/W) dr. Meutia Indrasakti, meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi (Servak) di Mako Lanal Banjarmasin, Selasa (7/9). (ist for radarlombok.co.id)

BANJARMASIN—Komitmen untuk menekan dan mengurangi laju pertumbuhan wabah Covid-19 di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin, bertempat di gedung Hassan Basry Markas Komando Lanal Banjarmasin, kembali menggelar kegiatan Serbuan Vaksinasi (Servak) Covid-19 tahap pertama kepada masyarakat maritim (pesisir) sebanyak 356 orang, dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac.

Hal tersebut dilakukan berdasarkan pantauan dan pengumpulan data-data oleh petugas di lapangan, dimana menunjukkan animo dan tingkat kesadaran masyarakat dalam mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19 semakin meningkat dari hari kehari.

“Kerja nyata yang bermanfaat ini akan terus digencarkan secara totalitas oleh Lanal Banjarmasin, demi mensukseskan dalam mendorong program-program Pemerintah untuk mewujudkan Provinsi Kalsel supaya terbebas dari musim pandemi Covid-19, untuk menuju tatanan kehidupan yang baru. Sehingga aktivitas masyarakat bisa berjalan lancar, serta putaran roda ekonomi kembali normal seperti semula,” kata Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M.Tr. Hanla, dalam keterangan pers yang diterima radarlombok.co.id, Selasa (7/9).

BACA JUGA :  Wujudkan Herd Immunity, Mi6 Gelar Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua

Menurutnya Herbiyantoko, dengan sikap yang humanis, namun tetap mengedepankan penerapan protokol (Prokes) yang ketat, dilakukan petugasnya untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan terhadap peserta vaksinasi. “Servak Covid-19 ini melibatkan 17 Tim Nakes (Vaksinator) gabungan dari Balai Pengobatan (BP) Lanal Banjarmasin dan Dinkes Kota Banjarmasin,” jelas Danlanal.

VAKSINASI: Lanal Banjarmasin menggelar kegiatan Serbuan Vaksinasi (Servak) Covid-19 tahap pertama dengan menyasar kepada 356 warga pesisir. (ist for radarlombok.co.id)

Saat meninjau pelaksanaan vaksinasi, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M.Tr. Hanla, dengan didampingi Ketua Penyelenggara Mayor Laut (K/W) dr. Meutia Indrasakti, menyampaikan rencana ke depan Lanal Banjarmasin akan terus bergerak ke tempat-tempat daerah terpencil yang belum terjamah kegiatan vaksinasi.

“Ke depan kami akan menyelenggarakan pemerataan Servak kepada warga pesisir mulai dari usia remaja hingga para Manula. Sehingga dapat meningkatkan kekebalan imunitas (herd immunity) di elemen masyarakat dan percepatan memutus mata rantai penularan wabah Covid-19,” tegas Danlanal.

BACA JUGA :  Lanal Banjarmasin Gencar Vaksinasi, Kali Ini Sasar 1.199 Orang di ULM

Dengan demikian, harapan masyarakat sangat terbantu untuk mendapatkan vaksinasi dengan mudah. “Pemberian vaksinasi ini terlihat antusias, dikarenakan kesadaran yang baik dari masyarakat, sebagai upaya menjaga kesehatannya, baik bagi diri sendiri maupun keluarganya dengan cara bervaksin,” ungkap Danlanal.

Sementara itu, ungkapan rasa syukur dan terima kasih juga disampaikan Ardhi, warga pesisir dari Kecamatan Banjarmasin Barat, kepada TNI AL – Lanal Banjarmasin, yang mewakili salatu satu peserta Vaksinasi.

“Dengan sikap yang humanis dan pendekatan yang baik dalam memberikan pengertiannya, membuat kami sebagai warga meyakini dengan bervaksin Covid-19 akan meningkatkan imunitas dan terlindungi dari serangan Virus Corona,” ucapnya.

Sejauh ini jumlah keseluruhan Servak massal Covid-19 yang digelar oleh Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin terhadap warga pesisir di wilayah Kalimantan Selatan sudah mencapai 10.961 orang, atau 1.907 vial. (gt)