Lomba Penulisan Artikel Ilmiah Populer 2021 Berlangsung Sukses

Kerja Sama Dinas Dikbud NTB bersama Harian Radar Lombok

ARTIKEL
PENYERAHAN : Kepala Dinas Dikbud NTB Dr H Aidy Furqan menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba Penulisan Artikel Ilmiah 2021 untuk guru tingkat Provinsi NTB.

MATARAM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Proivnsi NTB bersama Radar Lombok sukses melaksanakan lomba Penulisan Artikel Ilmiah Populer tinggat Provinsi NTB. Pelaksanaan lomba tersebut dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2021.

Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Penulisan Artikel Ilmiah Populer 2021 dihadiri langsung oleh Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah pada malam penganugerahan Apresiasi Guru Teristimewa, Minggu malam (2/5). Dari 192 aritkel ilmiah karya guru yang ikut dalam lomba tersebut, sebanyak 10 karya terbaik diikutkan dalam presentasi dihadapan tiga orang dewan juri dan termasuk juri istimewa langsung dari Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB Dr H Aidy Furqan. Sementara itu, tiga orang dewan juri lainnya adalah, Dr Sudirman, M.Pd dosen dari FKIP Unram, H Tony Edi Wibowo, Redaktur Senior Harian Radar Lombok dan Pengawas Sekolah NTB Ngatman, M.Pd.

Setelah melalui seleksi cukup ketat dalam presentasi hasil artikel ilmiah 10 guru dihadapan empat dewan juri, kemudian ditetapkan lima orang juara. Mulai dari juara 1, 2 dan 3 serta juara harapan 1 dan harapan 2. Adapun juara I diraih oleh Hj Siti Surodiana, M.Pd, guru dari MAN 1 Lombok Timur dengan perolehan nilai untuk artikel 78,00 kemudian wawancara 89,75 dengan nilai rata-rata 83,88. Selanjutnya untuk juara 2 diraih oleh Eris Nurhayati guru dari SMAN 3 Mataram dengan nilai artikel 81,76, wawancara 84,00 dan nilai rata-rata 82,84.  Kemudian juara 3 diraih oleh Mustikarini Yunita, guru dari SMPN 8 Mataram dengan nilai artikel 81,33 wawancara 76,25 dan nilai rata-rata 78,84.

Artikel guru
JUARA : Kepala Dinas Dikbud NTB Dr H Aidy Furqan menyerahkan voucher hadiah dari Honda NTB kepada Juara 1 Lomba Penulisan Artikel Ilmiah 2021.

Sementara itu, untuk Juara Harapan I diraih oleh Anwar Muhaimin, guru SMKN 3 Mataram, dengan nilai artikel 69,33, wawancara 86,25 dan nilai rata-rata 77, 79. Sementara itu, untuk Juara Harapan 2 diraih oleh H Hafazah, M.Pd, guru SMAN 1 Praya dengan nilai artikel 80,67, wawancara 73,25 dan nilai rata-rata 76,96.

Lomba Penulisan Artikel Ilmiah Populer tingkat Provinsi NTB tahun 2021 ini merupakan lomba yang kedua kali dilaksanakan kerja sama Dikbud NTB dan Harian Umum Radar Lombok. Sebelumnya pada tahun 2016 silam dengan jumlah peserta juga hingga ratusan artikel.

Lomba Penulisan Artikel Ilmiah Populer 2021 tinggat Provinsi NTB mengusung tema “Merdeka Mengajar di Masa Pendemi” dengan sub tema Inovasi Guru dalam Pembelajaran di Masa Pandemi, Strategi Mengajar dalam Menyiapkan Siswa Abad 21, Praktek Baik Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Kepala Dinas Dikbud NTB Dr H Aidy Furqan mengatakan momentum Hardiknas sekaligus Aiso tahun 2021 ini mempunyai makna penting walaupun di masa pandemi Covid-19.

“Kita terus berkarya, bahkan wabah bukan menjadi penghalang untuk melihat potensi-potensi guru yang mengikuti lomba artikel populer tahun ini,” ucapnya.

Selain itu, Aidy juga memberikan ucapan selamat kepada guru yang berhasil mendapatkan juara dalam lomba Penulisan Artikel Ilmiah 2021 dan berharap ajang ini dijadikan untuk meningkatkan kualitas, inovasi dan kreativitas dalam meningkatkan mutu pendidikan di NTB. 

“Teruslah berkarya di masa pandemi,” imbuhnya. (adi)