Lembar Selatan Lombok Barat Raih Juara 3 ADWI 2023

ADWI: Seremoni pengumuman pemenang ADWI 2023 di Jakarta. Desa Lembar Selatan meraih juara 3 katagori kategori digital kreatif. (IST/RADAR LOMBOK )

GIRI MENANG – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengumumkan pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, Minggu malam (17/8). Desa Lembar Selatan mengharumkan nama Lobar dengan keluar sebagai juara 3 kategori desa digital kreatif di ajang tahunan ini.  Dua tahun lalu Desa Sesaot berhasil meraih juara 4 di ajang yang sama untuk kategori penerapan CHSE, serta Desa Buwun Sejati meraih juara 5 kategori desa wisata rintisan.” Dari lima kategori yang di lombakan tahun ini, kita meraih juara 3 kategori digital kreatif,” ungkap Kepala Desa Lembar Selatan Beny Basuki saat dihubungi kemarin.

Keberhasilan tersebut sebutnya, tak lepas dari upaya Desa Lembar Selatan menyajikan potensi wisata yang ada di desa dalam bentuk digital dalam tiga tahun terakhir ini.” Kami di desa sudah membuat barcode (kode batang, red) di lokasi-lokasi wisata untuk kemudahan wisatawan memperoleh informasi dan penjelasan terperinci terkait destinasi wisata tersebut yang langsung tersambung ke website milik desa,” terang Benny.

Baca Juga :  Rawan Longsor, Warga Kekait dan Guntur Macan Harus Waspada

Beny pun menyebut jika Lembar Selatan telah pro aktif menggunakan media sosial untuk mempromosikan wisata desa setempat. Beny berharap kedepan Lembar Selatan bisa lebih memanfaatkan fasilitas digital untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi wisata yang ada. “ Kedepan kami akan menambah fasilitas tersebut dan bekerja dengan pihak ketiga seperti kolaborasi dengan Autorin (perusahaan teknologi di sektor pariwisata yang memberikan layanan one-stop-solution kepada para wisatawan) seperti penyediaan informasi obyek wisata se-Indonesia, rekomendasi rencana perjalanan ke berbagai destinasi, jasa pemesanan pemandu wisata, dan marketplace berisi produk pariwisata lokal,” ungkapnya.

Baca Juga :  Ramai-ramai Laporkan PPK di Lobar ke Bawaslu

Kepala Dinas Pariwisata Lobar HM. Fajar Taufik menyampaikan apresiasinya atas pencapaian Desa Lembar Selatan di ajang ADWI tahun ini.

“Desa wisata yg ada di Lombok Barat tiga tahun berturut-turut mendapat ADWI yakni 2021, 2022 dan 2023,” ungkapnya.

Ia berharap pencapaian yang diraih Desa Wisata Lembar Selatan ini bisa menjadi pemicu bagi desa wisata lainnya yg ada di Lombok Barat untuk terus mengembangkan potensi yg dimilikinya.” Kita harap desa lainnya juga bisa lebih mempromosikan desa mereka sehingga wisatawan akan semakin banyak datang dan berkunjung ke desa wisata yg ada di Lombok Barat,” harapnya.(ami)

Komentar Anda