Lebaran Topat Dipusatkan di Loang Baloq dan Bintaro

MATARAM – Pemerintah Kota Mataram akan memusatkan perayaan Lebaran Ketupat (Lebaran Topat) yang jatuh pada hari Rabu lusa di kawasan wisata makam Loang Baloq Kecamatan Sekarbela dan makam Bintaro Kecamatan Ampenan. Walikota dan Wakil Walikota akan hadir secara terpisah, Walikota H. Ahyar Abduh hadir makam Loang Baloq, sedangkan wakilnya H. Mohan Roliskana hadir di makam Bintaro. Demikian penjelasan Kabag Humas dan Protokol Pemkot Mataram Lalu Alwan Basri saat dikonfirmasi Radar Lombok kemarin.

Pada momen Lebaran Topat ini, Pemkot menghimbau warga untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan. Warga juga diminta menyukseskan pelaksanaan MTQ Nasional ke-26 dalam waktu dekat dimana Kota Mataram menjadi tuan rumah.”Kita ingin MTQ ini sukses,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Lebaran, Pendaki Rinjani Tembus 6 Ribu Orang

Alwan menambahkan, persiapan Lebaran Topat sudah rampung. Masing-masing Camat diberi tanggungjawab untuk mengemas acara.

Camat Sekarbela, Hariadi, yang dikonfirmasi terpisah menyatakan, warga nanti akan menyiapkan ketupat jumbo dengan ukuran 1 meter kali 1 meter yang nantinya akan dipotong secara simbolis oleh walikota.” Kita akan siapkan ketupat ukuran besar,” tegasnya.

Lebaran Topat akan diisi dengan beberapa kegiatan religius diantaranya serakalan, ngurisan, zikir dan do’a bersama. Tahun ini ada sekitar 10 bayi yang akan mengikuti tradisi ngurisan.

Ada juga acara hiburan diantaranya lomba tangkap bebek dan lain-lain.(ami)