Kurtubi Masih Malu-Malu Maju

MATARAM–Figur bakal calon gubernur atau bakal calon wakil gubernur yang digadang-gadang bertarung di pilkada NTB 2018 terus bermunculan. Ada figur yang menyatakan kesiapan bertarung, tapi tak sedikit pula masih malu-malu.

Anggota DPR RI dapil NTB dari Partai Nasdem, Dr Kurtubi misalnya. Ia masih malu-malu menyatakan keinginan bisa menjajal perebutan kursi orang nomor satu di NTB. Alih-alih menyatakan kesiapan, ahli pertambangan dan perminyakan itu sepenuhnya menyerahkan kepada Partai Nssdem terkait kemungkinan bakal dirinya maju dalam suksesi pilkada NTB.

"Tergantung partai saja," ujarnya diplomatis, kepada Radar Lombok, Kamis lalu, (18/8).

Menurutnya, Partai Nasdem memiliki mekanisme dan tahapan dalam pencalonan kepala daerah. Baik tingkat gubernur, bupati dan walikota. Misalnya, ada tahapan konsultasi dan koordinasi dengan DPP. Pasalnya, calon kepala daerah yang diusung harus harus memperoleh rekomendasi dan persetujuan dari DPP.

Biasanya, jelasnya, sebelum ada persetujuan DPP, ada survei  internal untuk mengetahui elaktabilitas dan popularitas calon. Itu menjadi salah pertimbangan dari partai dalam memutuskan calon akan diusung di pilkada.

"Tentu semua akan dibahas dan dibicarakan di internal partai," ujarnya.

Diakuinya,  ada aspirasi dan dukungan dari konstituen meminta dirinya berpartisipasi pertarungan di pilkada NTB 2018. Meski begitu, dia masih belum mengiyakan dan menampung berbagai aspirasi dan dukungan tersebut. Namun, ia akan mengiyakan maju di Pilkada NTB, jika diperintahkan atau ditugaskan Partai Nasdem.

Saat ini dirinya lebih memilih fokus dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota komisi VII DPR RI membidangi masalah energi, perminyakan dan pertambangan.  Menurutnya, relatif pilkada NTB masih cukup jauh. Praktis, dirinya tak mau gegabah merespon wacana pilgub NTB

Terpisah, Ketua DPW Partai Nasdem NTB, Muhammad Amin mengatakan, Partai Nasdem memberikan prioritas kader terbaik untuk didukung dan diusung bertarung di pilkada.  Asalkan,  kader itu memiliki tingkat elaktabilitas tinggi, punya kapasitas dan kapabilitas, serta berpeluang memenangkan pertarungan.

Amin menyebut, anggota DPR RI dapil NTB, Dr Kurtubi adalah salah satu kader terbaik dimiliki Nasdem NTB.  Ia berpotensi diusung di pilkada 2018. (yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid