KLU Raih Penghargaan Daerah Tertinggal Terinovatif

PENGHARGAAN: Bupati Djohan Sjamsu saat menerima penghargaan IGA 2023 di Jakarta, Selasa (12/12) (IST FOR RADAR LOMBOK)

TANJUNG–Pemda KLU kembali meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai Kabupaten Daerah Tertinggal Terinovatif pada Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023.

Penghargaan kepada KLU ini diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, dan diterima oleh Bupati KLU Djohan Sjamsu, di Jakarta, Selasa (12/12).

Atas penghargaan tersebut, Djohan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mewujudkan berbagai inovasi di KLU. Terutama kepada perangkat daerah dan masyarakat atas doa serta dukungan yang telah diberikan.

Djohan mengatakan bahwa KLU menjadi Kabupaten Daerah Tertinggal Terinovatif dalam ajang Penganugerahan Innovative Government Award Tahun 2023, bersama dengan Kabupaten Belu, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sumba Barat Daya, dan Kabupaten Sumba Timur.

Baca Juga :  Masyarakat Gili Meno Tolak Investasi PT TCN

“Dari 10 inovasi yang kita ajukan di tahun 2023, terdapat 2  inovasi unggulan yang dinilai. Di mana kedua inovasi itu yakni katagori non-digital Jamban Murah Keluarga Sehat (Jamu Kuat) dan katagori digital yakni Administrasi Kependudukan Bagi Penyandang Disabilitas, ODGJ, dan Lansia (Apdol),” ujarnya.

Djohan menyebut bahwa penghargaan ini adalah apresiasi terhadap kerja keras seluruh OPD dan jajaran Pemerintah KLU dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan yang efektif dan efisien serta pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Usulan Pemekaran 27 Desa Batal Diproses Tahun Ini

Penghargaan IGA 2023, diserahkan pada 95 pemerintah daerah yang terbagi dalam 11 kategori. Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan penilaian indeks inovasi daerah yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri.

Terdapat empat tahapan yang harus dilalui dalam penilaian tersebut, yakni tahapan penjaringan, pengukuran, penilaian, dan terkahir validasi lapangan. “Kita bersyukur tahun ini KLU kembali meraih penghargaan IGA. Ini jadi pemacu semangat kita untuk terus berinovasi,” pungkasnya. (der)

Komentar Anda